Bupati Serahkan E-KTP Untuk Pemilih Pemula

Bupati Serahkan E-KTP Untuk Pemilih Pemula

Kamis, 25 Oktober 2018
Kuningan - Ratusan pelajar SMA/SMK/MA sederajat mendapat Kartu Tanda Penduduk Elektronik secara massal hasil perekaman tahun 2018 di 20 SMA/SMK se-kabupaten Kuningan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan. Penerimaan KTP dikhususkan bagi siswa yang telah berusia 17 tahun.

Penyerahan KTP Elektronik secara simbolis  dilakukan Bupati Acep Purnama, di Kampus SMKN 2 Kuningan, Rabu (24/10/2018).

Kepala Dinas Kependudukan Drs. H. Kms. Zulkifli, M.Si, menyebutkan pelajar yang telah berusia 17 tahun yang KTP-nya telah direkam itu merupakan pemilih pemula dalam pemilu 2019 mendatang.

Di Kabupaten Kuningan usia 17-22 tahun atau pemilih pemula berjumlah 99.112. Sementara yang telah melakukan perekaman sebanyak 88.490, artinya yang belum direkam ada sebanyak 10.622 orang.

"Diharapkan pada akhir Desember 2018 ini semua dapat kami selesaikan, karena pusat akan melakukan penonaktifan data penduduk usia diatas  23 tahun jika mereka belum melakukan perekaman," kata Zulkifli.

Kebijakan tersebut terkait dengan syarat mutlak kewajiban adanya KTP elektronik untuk melakukan pemilihan pada pemilu 2019.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, 17 April 2019 nanti akan berlangsung Pemilu Presiden Wakil Presiden, DPR, DPRD Kab/Kota, dan DPD. Syarat untuk dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi adalah penduduk yang telah berusia 17 tahun pada saat hari pemilihan atau penduduk yang sudah menikah.

Dalam kesempatan tersebut Acep berpesan agar pemilih pemula atau siswa-siswi SMA/SMK/MA untuk dapat menyalurkan hak pilihnya kepada calon yang dinilai bisa meneruskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kearah yang lebih baik. Jangan sampai pemilih pemula tidak menggunakan hak pilihnya atau golput.

“Selain untuk pemilu, bagi yang telah memiliki kendaraan bermotor agar segera membuat Surat Izin Mengemudi (SIM ) sehingga anak-anak sekalian bisa legal dalam menggunakan atau mengendarai kendaraan bermotor," pungkasnya.

.irwan