RSU El Syifa Resmikan Ruang Perawatan Bagi ODGJ

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

RSU El Syifa Resmikan Ruang Perawatan Bagi ODGJ

Kamis, 18 Oktober 2018
Kuningan - Sebagai upaya peningkatan pelayanan, Kamis (18/10/2018) Rumah Sakit Umum (RSU) El Syifa Kuningan membuka fasilitas perawatan baru bagi para pasien penderita gangguan jiwa atau psikiateri.

Ruangan yang khusus dipergunakan untuk rawat inap pasien penderita gangguan jiwa tersebut dibuka oleh Bupati Kuningan yang diwakili oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, dr Susi Lusiyanti.

Owner RSU El Syifa, dr. Elly Wijaya Nursyam, Sp.PD yang diwakili oleh Direktur RSU El Syifa, dr. Supardi Mengungkapkan bahwa atas dasar informasi data yang berhasil dikumpulkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berada di Kabupaten Kuningan berjumlah 1896 orang, dan tak ada satupun RSJ atau rawat inap pisikiatri di Kabupaten Kuningan, itulah yang menjadi salah satu alasan untuk membuat pelayanan dan ruang rawat inap psikiatri.

"Owner RSU El Syifa, dr. Elly sudah sejak dua tahun lalu bercita-cita ingin membangun pelayanan psikiatri. Setelah tahap demi tahap dilalui, dengan dukungan manajmen RSU El Syifa, pelayanan psikiatri ini bisa terwujud," ungkap dr. Supardi

Selain adanya dokter spesialis jiwa, juga perawat profesional yang terlatih khusus untuk menangani pasien penderita gangguan jiwa yang telah melaksanakan pelatihan di salah satu RSJ di Magelang dan juga studi banding di RSJ Bangka Belitung.

Pelayanan psikiatri RSU El Syifa telah menerima pasien sejak awal bulan September dan sudah dapat melayani pasien pengguna BPJS. Hingga hari ini telah melayani pasien psikiatri dipoliklinik berjumlah 97 pasien pengguna BPJS, 128 orang pasien umum, dan 8 orang pasien rawat Inap.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kuningan, H. Raji SE yang diwakili oleh Sekdis Dinkes Kuningan, dr Susi Lusiyanti sangat mengapresiasi adanya pelayanan psikiatri di RSU El Syifa.

"Adanya pelayanan psikiatri di RSU El Syifa ini, merupakan yang pertama di Kabupaten Kuningan, diharapkan bisa menjadi penggerak rumah sakit lain di Kuningan untuk menyelenggarakan pelayanan serupa," pungkasnya.

.imam