Jadi Yang Terbaik Tingkat Provinsi, Desa Cibulan Mewakili Jabar Lomba Desa Tingkat Nasional

Jadi Yang Terbaik Tingkat Provinsi, Desa Cibulan Mewakili Jabar Lomba Desa Tingkat Nasional

Sabtu, 13 Juli 2019
KUNINGAN(BM) - Keberhasilan desa Cibulan menjadi yang terbaik di tingkat provinsi Jawa Barat tidak lepas dari kinerja perangakat desa dan Masyarakat dalam membangun desa. Berbagai terobosan dilakukan pemerintah desa Cibulan melalui pemanfaatan lahan Ex Galian Pasir menjadi perkebunan kedelai  dan pemberdayaan masyarakat, juga berinovasi dalam pelayanan satu pintu. mengantarkan desa ini terpilih mengikuti lomba desa  tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Barat. 

Langkah awal persiapan lomba desa tingkat tingkat nasional, desa CIbulan kedatangan  Tim Evaluasi perkembangan dan perlombaan Desa tingkat nasional Regional II tahun 2019 melakukan ferivikasi, Jumat (12/7/19). Hadir  dalam acara  penerimaan Tim dari Kementrian Dalam Negeri,  Bupati Kuningan, Sekda Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala BPMD, Unsur Muspika, dan lainnya.


Bupati Kuningan, H. Acep Purnama menyampaikan, banyak hal yang sudah dilakukan  Desa Cibulan untuk membangun desanya mulai pemanfaatan lahan, pemberdayaan masyarakat, dan inovasi program pelayanan satu pintu. 



Terobosan terobosan yang baik yang sudah dilakukan pemerintahan Desa Cibulan, dikatakan Bupati,  tak lepas juga kerjasama membangun komunikasi dengan  kecamatan, Muspika, antar desa, dan mengedepankan  prinsip partisipatif antar unsur masyarakatnya.



"Bukan sesuatu yang mudah perjuangan untuk menjadi desa tebaik tingkat provinsi. Hal ini butuh semangat, disiplin, ketugan,  pemikiran, dan kerjasama. Namun saya yakin adapun prestasi yang diraih saat ini, itu semua buah dari ketulusan membangun desa untuk kesejahteraan masyarakatnya,"jelasnya.



Apa yang disampaikan terkait Desa Cibulan dikatakan Bupati Kuningan, tidak ada rekayasa, beginilah  apa adanya. Selamat kepada Kepala Desa Cibulan,  perangkat dan masyrakatnnya yang telah terpilih desa  terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat. Semoga ditingkat nasional Desa Cibulan menjadi desa terbaik," ujarnya.



Dalam kesempatan itu Kepala Desa Cibulan, Iwan Gunawan, S.IP, melakukan ekspos, kendati desa kami ada diujung dan sebagian lahannya selama 18 tahun menjadi galian pasir tidak  mengurangi motivasi untuk membangun desa. Dengan Visi terwujudnya Desa Cibulan Bersih, Sehat, Indah, Agamis, dan Baharja.

"Pemanfaatan lahan galian menjadi perkebunan kedelai menjadi langkah awal bagaimana kedelai memiliki nilai jual bukan hanya sebagai bahan tempe- tahu tapi juga menjadikan makanan olahan lainnya. Dan memenuhi kebutuhan pasar,"katanya diiringi tepung tangan warganya.


Untuk meningkatkan pelayanan disebutkan Kades Cibulan,  kami lakukan pelayanan satu pintu, untuk pendidikan ada kartu pintar, kartu sehat, Kartu Ibu dan anak, kartu anggota PKK, memberikan perhatian kepada Ketua RW,RT dan linmas. Dan  peningkatan daya saing desa sehingga desa memiliki potensi Pinunjul sejalan dengan Visi Kuningan.



Menurutnya apa yang diraih Desa Cibulan tak lepas berkat kegigihan dan kesabaran masyrakat untuk membangun desanya. Apa yang telah diraih bukan akhir melainkan awal bagaimana untuk terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat. 



"Dengan mewujudkan pelayanan yang profesional melalui peningkatan tata kelola pemerintahan desa yang responsif, akuntabel, dan transparan.Kehidupan sosial budaya  yang dinamis dan damai  meningkatkan potensi dan daya dukung lingkungan untuk ciptakan peluang usaha. 

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan hijau yang partisipatif, dan  meningkatkan dan Memperkuat  jaringan kerjasama pemerintah dan non pemerintah,"jelasnya dengan penuh semangat.


Ketua Tim Evaluasi perkembangan dan perlombaan desa, DR. M. Arif Irwansyah, SE.M.Si dari Kementrian Dalam Negeri, mengatakan Evaluasi ini untuk melihat kondisi di lapangan dan menggali informasi potensi potensi,  dan pemberdayaan masyarakat Desa Cibulan. Selanjutnya Kepala Desa akan melakukan ekspos  dihadapan eselon I Kementeriaan Dalam Negeri untuk dilakukan penilaian. 
.(Irwan)