Tingkatkan Roda Perekonomian, Partawangunan Gali Potensi Desa

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Tingkatkan Roda Perekonomian, Partawangunan Gali Potensi Desa

Sabtu, 07 Desember 2019
Sekdes Partawangunan Kecamatan Kalimanggis, Ade Uci, S.Kom


KUNINGAN (BM) - Tujuan pemerintah dengan adanya dana desa adalah bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat desa menuju desa mandiri dan berkembang. 

Hal ini juga yang coba diselaraskan Pemdes Partawangunan Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan dalam realisasi penggunaan dana desa.

Banyaknya masyarakat bermata pencaharian sebagai buruh tani daripada sebagai petani menjadi dasar pemikiran desa Partawangunan dalam menyusun rencana pembangunan ke depan yang dituangkan dalam APBDes. Beberapa kegiatan pembangunan di tahun 2019 dengan sasaran meningkatkan roda perekonomian pun telah hampir selesai sesuai APBDes tahun 2019.

Kepala desa melalui Sekretaris Desa Partawangunan, Ade Uci, S.Kom menjelaskan rencana kedepan Pemdes tentang peningkatan roda perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan potensi yang ada. Baik dari segi pembanguan fisik maupun pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dengan adanya pembangunan yang berkesinambungan, Kami Pemdes Partawanguna sangat berharap ada peningkatan taraf hidup masyarakat ke depan. Dari yang tadinya bekerja sebagai buruh tani , mudah-mudahan ke depan minimal bisa menjadi petaninya," jelas Ade saat ditemui awak media di kantor desa, Kamis (5/12).

Menurut Ade menjelang akhir tahun pihaknya sedang mengerjakan tiga kegiatan pembangunan, antara lain pembangunan saluran irigasi Tersier sepanjang (480 x 2)meter persegi, pemeliharaan MCK desa dan Posyandu. Sementara untuk pembangunan Balai Desa pada tahun ini sudah dikerjakan pada tahap 2 serta akan dilanjut lagi pada anggaran tahun depan.

Untuk pembangunan saluran Irigasi tersier, lanjut Ade, dilatarbelakangi dengan pemanfaatan air yang berasal dari irigasi sekunder. Dengan adanya pembangunan saluaran ini diharapkan bisa mengairi sekitar 20 hektar dari total 60 hektar sawah yang ada di desa Partawangunan.

"Sebelumnya air dari irigasi sekunder serung membludak dan terbuang percuma. Dengan adanya pembangunan saluran irigasi tersier, air dari saluran sekunder bisa secara maksimal dimanfaatkan dengan merata. Dan ini juga salah satu pembangunan dalam rangka memaksimalkan potensi alam desa. Mudah - mudahan dengan lancarnya saluran air sawah bisa meningkatkan panen bagi para petani," Pungkas Sekdes yang bercita-cita menjadi anggota legislatif periode mendatang.


. (Irwan)


GilaBola+