Air Bersih di Desa Citundung Dongkrak PADes

Air Bersih di Desa Citundung Dongkrak PADes

Selasa, 19 Juli 2022
Kepala Desa Citundun, Taswan Sumandi


Kuningan, (BM) - Air bersih merupakan kebutuhan primer yang begitu didambakan oleh masyarakat di desa terpencil yang jauh dari jangkauan PAM (Perusahaan Air Minum) Tirtakamuning, mengingat kondisi alam yang tidak mungkin terjangkau dengan daerah perbukitan yang begitu tinggi. 

     

Terkait dengan air bersih, kini masyarakat desa Citundun, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan telah menikmati air tersebut yang dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Guna Setia Mandiri desa Citundun. 

     

Menurut Kepala Desa Citundun Taswan Sumandi ketika diminta konfirmasi belum lama ini kepada BM menjelaskan, desa yang dipimpinnya merupakan desa terpencil juga wilayahnya sebagai daerah perbukitan dengan ketinggian kira - kita 350 meter diatas permukaan air laut. 

     

Masih jelas Taswan Sumandi, air bersih yang dikelola oleh Bumdes bukan hanya dinikmati oleh seluruh warga desanya namun di produksi ke desa tetangga yakni desa Sumberjaya. 

     

Air bersih yang ada di desa Citundun diambil dari hulu cai (sumber air) di Kampung Cirahayu, desa Citundun, proses pembangunan air bersih sudah dilaksanakan dengan bantuan dari APBD 1 (bantuan provinsi jabar) 

     

"Alhamdulilah masyarakat desa kami sebanyak 2150 jiwa bisa menikmati sarana air bersih dan saya berharap bantuan lainnya dari pemerintah bisa kami dapatkan " Pungkas Taswan Sumandi berharap (Irwan) ***