Bantu Masyarakat Miskin, Dinsos Pasilitasi Ekonomi Masyarakat

Bantu Masyarakat Miskin, Dinsos Pasilitasi Ekonomi Masyarakat

Sabtu, 16 Juli 2022

 

Kepala Bidan Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, Ence Hadiat Rohanda, A.Ks, M.Si 

Kuningan, (BM) - Beberapa waktu lalu Kuningan sempat dinyatakan sebagai salah satu kabupaten dengan kemiskinan ekstrim oleh Kemensos RI. Walaupun hal ini sempat diklarifikasi oleh dinas Sosial kabupaten Kuningan dengan alasan data masyarakat miskin yang tidak update, namun dengan berbagai upaya tetap dilakukan dalam mengentaskan kemiskinan. Salah satunya dengan Program Pasilitasi Ekonomi Masyarakat.


Untuk membantu masyarakat miskin, dinas Sosial kabupaten Kuningan melalui bidang Pemberdayaan Sosial saat ini tengah melaksanakan program bantuan melalui bantuan ternak dan bantuan modal usaha bagi Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin.


Dikatakan Kepala Dinas Sosial kabupaten Kuningan, DR. Deni Hamdani, M.Si melalui kepala bidang Pemberdayaan Sosial, Ence Hadiat Rohanda, A.Ks, M.Si, program bantuan ini menyasar 20 kelompok untuk bantuan modal usaha dan 20 kelompok untuk bantuan ternak. 


"Untuk bantuan modal usaha, masing-masing kelompok menerima bantuan modal sebesar 8 juta, sedangkan bantuan ternak, masing-masing menerima 6 ekor kambing. Semuanya ditujukan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat miskin," ungkap Ence saat ditemui beberapa waktu lalu di kantor dinas sosial kabupaten Kuningan.


Khusus untuk bantuan modal usaha, Ence berharap bisa didorong menjadi agen e-warung dan kedepan bahkan bisa terbentuk koperasi agar jelas payung hukumnya dengan prinsip dari anggota untuk anggota.


.(Irwan)