Tahun Ini 19 Ekor Hewan Qurban Sapi, Dan Puluhan Ekor Kambing Dilaksanakan Pemotongan Di Alun Alun Desa Cikaso

Tahun Ini 19 Ekor Hewan Qurban Sapi, Dan Puluhan Ekor Kambing Dilaksanakan Pemotongan Di Alun Alun Desa Cikaso

Minggu, 10 Juli 2022
Hewan qurban Sapi siap di potong


Kuningan, (BM) - 13 ekor hewan kurban jenis sapi dan 1 ekor Kambing dipotong secara kolektif di Alun Alung Desa Cikaso, sementara 6 ekor sapi dan puluhan ekor kambing lainnya dipotong di masing masing lingkungan, tapi disetiap dusun yang qurban kambing juga banyak, tahun tahun sebelumnya Desa Cikaso terhimpun 17, 16, ekor Sapi tahun ini ada 13 ekor Sapi, turunnya hewan qurban tidak terlalu signifikan, masih terhitung bagus karena ada faktor lain yakni dari penyakit mulut dan kuku (PMK). 


Kalau dilihat dari minat masyarakat untuk berkurban bagus adapaun jumlah yang masuk dijumlah kolektif turunnya tidak begitu signifikan, di tahun tahun sebelumnya mencapai 17- 16 ekor, tahun ini ada 13 ekor. Namun kendati demikian toh hampir di tiap Dusun ada yang motong Sapi, kambing lebih banyak


"Tahun ini rupanya penyakit mulut dan kuku (PMK) Sapi menjadi kendala, namun tidak terlalu jadi alasan karena kami menerima hewan kurban Sapi yang sehat, artinya sudah mendapat lesensi baik dari Puskeswan dan MUI untuk konsumsi halal, di Cikaso sendiri masyarakat yang qurban tiap tahunnya bergiliran, tapi tidak sedikit juga yang telah berulangkali tiap tahun, Alhamdulillah seluruh masyarakat Desa Cikaso khususnya merasa gembira dengan pembagian daging qurban yang merata walaupun sekedarnya," papar Ketua DKM Daarul Falaah serta penasihat Ustadz Asep Hidayatudin S.Pd.I Hewan qurban.


Daging Sapi qurban dikemas dan siap didistribusikan keoada masing masing Ketua RT


Ketua panitia pemotongan hewan qurban A. kohar S.Pd.I juga menyatakan hal serupa, bahwa, jumlah hewan qurban Sapi yang di potong di Alun alun ada 13 ekor dan satu ekor Kambing, ada Enam ekor Sapi serta puluhan ekor Kambing yang di potong di masing masing Dusun, jadi jumlah keseluruhan ada Sembilan belas ekor Sapi.


"Alhamdulillah seluruh KK warga Desa Cikaso mendapat bagian daging qurban seberat 0,7 Kg, teknis pengurusan dan pendistribusian," lanjut A Kohar, semua Kadus Ketua RT, Linmas juga dari DKM Daarul Faalah terlibat langsung untuk mengurus hingga kepada KK.

(Mans Bom)