Mengukur Daya Serap Alumni, SMKN 5 Kuningan Gelar Workshop 'Trecer Study'

Mengukur Daya Serap Alumni, SMKN 5 Kuningan Gelar Workshop 'Trecer Study'

Senin, 26 September 2022
Workshop Penyusunan Program Penelusuran Tamatan Tracer Study di SMKN 5 Kuningan


Benang Merah - Kebanyak alumni sekolah sulit untuk ditelusuri keberadaannya di dunia kerja ataupun wirausaha. Hal ini mendorong pihak pemerintah ikut mempasilitas sekolah dengan aplikasi Tracer Study Kemendikbud vokasi melalui link tracervokasi.kemendikbud.go.id


Untuk mendalami program tersebut, SMKN 5 Kuningan menggelar Workshop Penyusunan Program Penelusuran Tamatan Tracer Study. Dengan program dan aplikasi ini, pihak sekolah bisa menelusuri seberapa besar keterserapan alumni di dunia kerja, melanjutkan atau wirausaha. Selain itu, program sekolah juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan hasil dari Tracer study agar juga mendapatkan umpan balik dari Alumni.


Dalam workshop ini dihadiri pemateri bpk Rofan Ajis, ST, MT dan seluruh peserta workshop yang dilaksanakan di aula SMKN 5 Kuningan, Senin (26/9).


Kepala SMKN 5 Kuningan, Effendi berharap melalui workshop semua guru dan tenaga pendidik bisa memahami dan mengetahui daya serap alumni, sehingga bisa disesuaikan dengan program sekolah.


"sangat penting bagi sekolah sebab selain itu hasil dari tracer study bisa menjadi tolak ukur keberhasilan suatu program sekolah karena bisa dievaluasi tiap tahun oleh sekolah," ungkapnya.


.(Irwan)