Gedung Sekolah SDN 1 Widarasari Ludes Dilumat Api. Damkar Sayangkan Tidak Adanya Laporan

Gedung Sekolah SDN 1 Widarasari Ludes Dilumat Api. Damkar Sayangkan Tidak Adanya Laporan

Kamis, 03 November 2022
Gedung SDN 1 Widarasari yang Terbakar


Benang Merah - Kamis (3/11/ 2022) pagi sekira pukul 05.00 WIB terjadi peristiwa kebakaran gedung Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Widarasari, Kecamatan Kramatmulya. Kabupaten Kuningan. Namun peristiwa tersebut disayangkan oleh pihak kantor Damkar Kuningan, lantaran tidak ada yang melaporkan pada saat peristiwa kebakaran itu terjadi.


Padahal pada saat ada yang melihat kepulan asap awal dari sumber api itu masyarakat segera meminta bantuan karena masih ada waktu untuk memberi tahukan terjadinya kebakaran sekecil apapun kepada pihak Damkar guna mengantisipasi meluasnya kobaran api, namun teramat disayangkan laporan datang terlambat dan api sudah melumatkan atap gedung sekolah tersebut.

 

Berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Kuningan No 4 Tahun 2022, lanjut MH. Khadafi Mufti. Atas Perubahan Perda Kabupaten Kuningan Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, yang kebetulan ini kali terjadi kebakaran yang di duga dari konleting aliran listrik gedung SDN Widarasari kami laporkan berdasarkan laporan dan saksi serta ditunjang oleh tim investigasi kami.


 

Salah seorang tim investigasi petugas UPT Damkar Kuningan tengah melakukan pendataan


Menurut Keterangan Kepela Sekolah SDN 1 widarasarai Oyo sudaryo didampingi Tatang sebagai aparat desa widarasari, Pada pukul 05.30 WIB, Ibu Rusminah pedagang makanan  di sekolah tersebut melihat kepulan asap di dalam bangunan sekolah, tepat nya di gudang yg menempel dengan dapur sekolah. Kemudian saksi memberitahukan kejadian tersebut kepada warga sekitar sekolah untuk meminta bantuan. 


Baru pada pukul 07.00 WIB kobaran api bisa dipadamkan oleh warga menggunakan peralatan seadanya, kemudian salah sorang warga melaporkan kejadian peristiwa tesebut ke aparat desa setempat. menindaklanjuti laporan dari warganya Farhan sebagai Kepala Desa Widarasari melaporkan pada pukul 10.20 WIB   ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kuningan di Nomor (0232) 871113 dan juga meminta kepada Pihak Damkar untuk melakukan pengecekan dan sterilisasi lokasi kebakaran. 


Kemudian pada pukul 10.20 WIB waktu itu Tiga jam setelah kejadian peristiwa kebakaran baru melaporkan, setelah menerima laporan, Dua anggota dari regu piket berangkat menuju lokasi menggunakan Speda Motor Setelah dilakukan pengumpulan data, chek lokasi serta investigasi di lokasi kebakaran, dan saksi saksi. "Untuk sementara kebakaran di duga dari konsleting instalasi aliran listrik yang terdapat di area gudang. 

Kemudian tidak adanya laporan saat terjadi nya kebakaran ke Kantor Damkar kuningan," tutur Kapala UPT Damkar Satpol PP MH. Khadafi Mufti.


Tentunya aktifitas belajar mengajar terganggu total  oleh sebab itu diperlukan perbaikan dengan segera untuk ruang bangunan sekolah yang terbakar, guna keberlangsungan siswa/i sekolah dasar belajar, imbuh Khadapi penuh harap.


Tidak Adanya laporan kejadian kebakaran ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol-PP Kuningan, dan pihak UPT Damkar mengetahui pagi harinya. Lantaran pada saat kejadian peristiwa kebakaran itu tidak ada alat proteksi kebakaran (APAR), disekolah. Padahal itu sangat diwajibkan berdasarkan Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Bangunan Sekolah SD, SMPN maupun Swasta serta SMA. Sebagai langkah antisipasi awal proteksi bangunan gedung dan keselamatan jiwa dari bahaya kebakaran, terang Khadafi.


MH. Khadafi juga sekaligus mengadvokasi, Setiap warga masyarakat agar mewaspadai setiap potensi terjadinya kebakaran, yang diakibatkan dari tungku/gas, listrik, pembakaran sampah, lahan, dan lainnya. Hal itu sebagai langkah antisipasi awal, agar  sekolah sekolah, pemerintahan Desa wajib membuat  proteksi kebakaran di lingkungan Pemukiman, seperti APAR, Tandon air, dan lainnya, apabila terjadi kebakaran segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan di No (0232)871113 dan 081322698881. Layanan Gratis, tidak dipungut biaya apapun. Himbaunya (Mans Bom)