Jalan Kabupaten Ciwaru-Cilebak Tertutup Tanah longsoran, Sehari Sebelumnya di Guyur Hujan Lebat

Jalan Kabupaten Ciwaru-Cilebak Tertutup Tanah longsoran, Sehari Sebelumnya di Guyur Hujan Lebat

Kamis, 10 November 2022

 

Longsoran tanah merah menutup jalan hingga tidak dapat dilalui, antara Ciwaru-Cilebak

Benang Merah - Badan penanggulan bencana daerah BPBD Kabupaten Kuningan melaporkan, terjadinya bencana tanah longsor di kawasan jalur lintas antar kecamatan Ciwaru-Cilebak, atau tepatnya di Blok Huluwarang, Desa Patala, Kecamatan Cilebak.Jalan Kabupaten Ciwaru-Cilebak Tertutup Tanah longsoran, Sehari Sebelumnya di Guyur Hujan Lebat Dalam peristiwa terjadinya longsoran tanah merah dari tebing tersebut, dilaporkan tidak ada korban jiwa.


Guna menanggulangi peristiwa tanah longsor yang hingga menutup jalan itu, merupakan akses Dua Kecamatan tersebut, saat itu di butuhkan berbagai peralatan berat dan ringan, selain kesigapan team assesment BPBD, masyarakat, TNI dan Polri juga di butuhkan alat berat serta logistik.


Sehari sebelumnya Rabu (09/11/2022) wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga pada hari Kamis ini (10/11/2022) terjadi tanah longsor yang tentunya menutup akses jalan secara total.


"Upaya penanganan darurat dilakukan selain BPBD juga koordinasi antara aparat Pemdes dengan kecamatan, TNI, Polri serta masyarakat, dalam penanganan pembukaan jalan yang tertutup akibat terkena timbunan tanah merah dalam kondisi cuaca berawan tebal, hingga dibutuhkan kehati hatian," terang Kalak BPBD Kabupaten Kuningan Idra Bayu Permana. (Mans Bom)