Alhamdulillah...Bidang SDA Selesaikan Seluruh Kegiatan 2022 sebelum Akhir Tahun

Alhamdulillah...Bidang SDA Selesaikan Seluruh Kegiatan 2022 sebelum Akhir Tahun

Kamis, 29 Desember 2022
Kabid SDA PUTR Kabupaten Kuningan, Rismunandar, S.Hut, M.Si


Benangmerah - Saat ini hampi semua SKPD tengah mengejar penyelesaian seluruh kegiatan sebelum akhir tahun. Tidak heran ketika diakhir menjelang tahun baru, semua bidang di dinas-dinas yang banyak kegiatan fisik yang bersumber dari anggaran DAK, BP maupun APBD II sangat sibuk meyelesaikan secara teknis, baik administrasi maupun kekurangan pekerjaan.


SKPD tersebut antara lain PUTR, Dinas Kesehatan dan dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Bidang Sumber Daya Air dinas PUTR kabupaten Kuningan ketika dikunjungi awak media menjelaskan bahwa semua proses pekerjaan fisik dan administrasi telah selesai semua saat ini.


"Kemarin acara PPHP untuk sisa pekerjaan di tahun 2022 sudah kita laksanakan. Sekarang sudah masuk tahap pemeliharaan. Semua pekerjaan kita laksanakan step by step, sehingga target akhir tahun sudah selesai. Baik dari sumber anggaran DAK, BP maupun APBD II," ungkap Kepala Bidang SDA, Rismunandar, S. Hut, M.Si.


Baca juga : DAK Fisik SMP dan PAUD Rampung 100 Persen. Serah Terima Pekerjaan Diharap Selesai Minggu Ini


Dikatakannya, tahun 2022 bidang SDA PUTR kabupaten Kuningan menerima anggaran kegiatan dari Dana Alokasi Khusus, sekitar 9 milyar, Bantuan Provinsi, 20 milyar dan APBD II, 1 milyar kurang. Semuanya dikerjakan secara bertahap, sehingga beberapa pekerjaan yang masih tersisa diakhir tahun bisa diselesaikan sesuai aturan dan mekanisme kebijakan yang ada.


"Sudah selesai semua, kalaupun ada beberapa kekurangan menurut saya hal yang wajar, dan bisa diselesaikan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Masalah pencairan dana pemeliharaan bukan ada diranah kami, secara administrasi dari kita sudah beres, ," tutur Rismun.


Menurut Rismud, dalam rehabilitasi irigasi, Bidang SDA fokus pada 7 Daerah Irigas, diantaranya, DI Ciparigi, DI Cikotok, DI Ciherang, DI Cisrigading, DI Cipedak, DI Surakatiga, dan DI Luragung.


.(Irwan)