Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Daerah di Kuningan Alami Bencana Longsor

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Daerah di Kuningan Alami Bencana Longsor

Jumat, 09 Desember 2022
Kejadian Longsor di kabupaten Kuningan


Benangmerah - Sejumlah daerah di Kuningan mengalami bencana longsor akibat curah hujan yang semakin tinggi. Terbaru, akibat curah hujan deras disertai angin kencang, jalan Kadugede - Hantara tepatnya di desa Margabakti terjadi longsor.


Akibatnya, separuh ruas jalan setempat ambles dan satu bangunan rumah warga ambruk akibat tertimbun material longsor. Hal itu terjadi saat terjadi Kamis (8/12/2022) sore tadi.


Menurut keterangan Kepala Desa Margabakti, Asep Sewi Barata, mengatakan, dari 2 titik longsoran terjadi di Dusun Puhun dan sudah dilakukan pembersihan material longsoran oleh warga secara gotong royong.


"Bencana longsoran yang menimpa bangunan warga hingga ambruk terhitung secara volume diperkirakan sepanjang 8 meter. Kemudian, untuk rumah tertimbun itu milik pasutri Hendi dan Euis," katanya dilansir dari tribuncirebon.com.


Kejadian longsor juga terjadi di Kampung Tonjong, Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru.


Tidak ada korban dalam bencana alam tersebut, namun kondisi jalan nyaris ambles dan memutuskan jalan penghubung desa setempat.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, diketahui masih memonitor dan mengumpulkan data serta akan dilakukan asesmen, petugas BPBD juga masih di lapangan melakukan pengecekan dan pendataan di lingkungan bencana.


.(Irwan)