PORAK SMPN 1 Cigandamekar Utamakan Olahraga Tradisional

PORAK SMPN 1 Cigandamekar Utamakan Olahraga Tradisional

Kamis, 15 Desember 2022
Siswi SMPN 1 Cigandamekar tengah bermain Gobak Sodor di lapangan bawah


Benangmerah - Hampir tiap sekolah diberbagai tingkatan memanfaatkan waktu luang selepas Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan kegiatan PORAK. Pekan Olahraga Antar Kelas memang banyak digemari siswa setelah fokus mengikuti 'ulangan' seminggu penuh.


Tanpa kecuali dengan SMP Negeri 1 Cigandamekar yang terletak di wilayah kecamatan Cigandamekar. Uniknya di sekolah ini kegiatan Porak diisi dengan olahraga tradisional Jawa Barat, seperti Gobak Sodor dan lomba bakiak. Selain itu ada juga lomba Catur.


Menurut Kepala SMP Negeri 1 Cigandamekar, Suwanto, S.Pd pemilihan olahraga ini agar memiliki nilai hiburan bagi siswa. Selain itu juga, bisa menambah keakraban antar siswa di sekolah.


Kepala SMPN 1 Cigandamekar, Aris Suwanto, S.Pd


"Olahraga tradisional Gobak Sodor dan Lomba Bakiak lebih kepada nilai hiburannya. Dimana anak bisa tertawa bersama dan manambah keakraban antar siswa. Sehingga siswa tidak stres setelah fokus berpikir mengisi soal PAS dari berbagai mata pelajaran," ungkapnya saat ditemui awak media, Kamis (15/12).


Selain itu, Aris menilai, olahraga tradisional juga harus mulai dilestarikan di lingkungan sekolah, sehingga budaya sunda tidak punah di jaman generasi mendatang.


Kegiatan Pekan Olahraga Antar Kelas sendiri berlangsung hanya tiga hari. Kamis diisi dengan lomba Gobak Sodor, dan lomba Catur, Jumat, lomba Bakiak dan Sabtu diisi dengan partai final serta pembagian hadiah dari masing-masing lomba.


.(Irwan)