Perayaan Hari Pers Nasional Tingkat Jabar 2023 Ini Kali, Digelar Di Kabupaten Karawang

Perayaan Hari Pers Nasional Tingkat Jabar 2023 Ini Kali, Digelar Di Kabupaten Karawang

Minggu, 05 Februari 2023
Rapat bersama persiapan gelaran HPN


Benangmerah, Kabupaten Karawang terpilih menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2023 Tingkat Jawa Barat.


Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat Hilman Hidayat mengatakan, pemilihan Karawang bukan tanpa sebab. Salah satunya karena kesiapan dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Karawang. 


"Kami berterimakasih atas dukungan dari Ibu Bupati Karawang dan jajaran," ujar Hilman usai rapat terbatas dengan Bupati Karawang, Kamis (2/2/2023).


Hilman mengatakan nantinya akan ada seragkaian kegiatan yang digelar PWI Jawa Barat yang juga menggandeng organisasi jurnalis dan perusahaan pers di Jawa Barat. Di antaranya lomba Karya Jurnalistik, lomba reels instagram, lomba mars PWI, bakti sosial, hingga pagelaran budaya, terangnya.


Sedangkan puncak acaranya akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2023, Perayaan HPN Tingkat Jawa Barat ini mengacu pada tema HPN yang digelar di Medan Sumatera Utara, yakni *"Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat".* Hilman ingin pers di Jawa Barat merdeka, bermartabat, dan berdaya, harapnya.


"Untuk di Jawa Barat kami mengusung tema Pers Berbudaya, Ekonomi Berdaya, Jabar Juara," kata Hilman.


Hilman ingin perayaan HPN Tingkat Karawang memberi dampak positif bykan saja bagi pewarta. Melainkan juga bagi masyarakat Karawang khususnya dan Jawa Barat pada umumnya.


"Kami juga ingin berkontribusi mengenalkan potensi-potensi Karawang. Baik wisata, kuliner, budaya maupun potensi lokal lainnya," kata dia.


Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mendukung penuh pelaksanaan perayaan HPN Tingkat Jawa Barat. Apalagi Karawang terpilih sebagai tuan rumah.


Cellica menegaskan, pihaknya selama ini senantiasa bersinergi dengan pers. Ia berharap para jurnalis hingga perusahaan pers bermartabat. Juga berbudaya dan berdaya.


Senada dengan Hilman, Cellica juga berharap terselenggaranya HPN Tingkat Jawa Barat menjadi ajang untuk mengenalkan potensi Karawang.


"Baik wisata, kuliner maupun budaya. UMKM san ekonomi kreatif kita sedang menggeliat. Kami berharap PAD Karawang turut terdongkrak," kata Cellica. (Ist/Mans Bom)