SMPN 1 Garawangi Panen Karya Kurikulum Merdeka

SMPN 1 Garawangi Panen Karya Kurikulum Merdeka

Rabu, 31 Mei 2023
Kepala SMPN 1 Garawangi, H. Supriyadi saat memberikan Sambutan


Benangmerah - Siang tadi, Rabu (31/5) SMP Negeri 1 Garawangi telah berhasil memperlihatkan hasil dari Kurikulum Merdeka yang selama satu tahun ajaran diterapkan di sekolah melalui acara Panen Karya Siswa Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 


Acara yang di mulai pukul 09.30 dihadiri beberapa tamu undangan, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H. Uca Somantri, Camat Garawangi, Kapolsek Garawangi, Perwakilan Bank BJB sebagai Sporsor, Perwakilan Bank Kuningan sebagai sponsor, Para Kepala Sekolah Penggerak serta siswa dan kepala sekolah SD yang telah mengikuti lomba MAPEL di SMPN 1 Garawangi.


Panen Karya Siswa Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang ditampilkan sesuai tema yang diusung, yaitu, Kearifan Lokal, Bangunlah Jiwa Raganya dan Gaya Hidup Berkelanjutan. Hasil Karya Siswa bisa dilihat pada setiap stand sesuai tema.


Stand 1, Tema : Kearifan Lokal


Stand 2, Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan


Stand 3, Tema : Bangunlah Jiwa Raganya


Kepala SMP Negeri 1 Garawangi, H. Supriyadi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, sekolah atau pendidik harus tahu 'ruh' dari kurikulum merdeka. 


"Kita harus tahu bahwa ruh dari kurikulum adalah sekolah harus bisa memberikan ruang dan waktu agar siswa bisa mengeluarkan potensi yang ada pada dirinya untuk bisa berimprovisasi dan berinovasi. Itu sebetulnya ruh dari kurikulum merdeka. Maka, ketika siswa sudah bisa mengeluarkan potensi yang ada pada dirinya, Insya Alloh prestasi akan didapat dan kurikulum merdeka telah tercapai," ungkap H. Supriyadi.


Ditambahkannya, dalam kesempatan ini SMP Negeri 1 Garawangi telah menunjukkan Panen Karya Siswa P5 dengan tiga tema, diantara, Kearifan Lokal, Bangunlah Jiwa Raganya dan Gaya Hidup Berkelanjutan. Tamu yang hadir bisa melihat pada masing-masing stand disamping.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan saat membuka kegiatan


Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, H. Uca Somantri yang berkenan membuka secara resmi kegiatan ini, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMPN 1 Garawangi. Menurutnya selama kurang lebih 2 tahun menunjukan perkembangan yang pesat, walaupun masing ada kekurangan 2 ruang kelas baru. 


"Selama 2 tahun SMP Negeri 1 Garawangi telah menunjukkan perkembangan yang pesat. Sekarang sekolah ini telah menjadi Sekolah Berwawasan Lingkungan. Untuk Sarana Prasarana, tahun ini sekolah akan mendapat bantuan rehabilitas sebanyak 8 ruang. Melalui panen karya hasil belajar implementasi Kurikulum Merdeka, mari kita tingkatkan mutu belajar dan layanan pendidikan dalam mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan," ujarnya.


Uca juga berpesan agar dalam pelayanan pendidikan para guru bisa datang lebih awal untuk menyambut siswa yang hadir. Sikap tersebut bisa menciptakan chemistri antara siswa dan guru. Sehingga transfer ilmu bisa berjalan dengan baik dan ikhlas.


Acara Panen Karya Siswa juga diisi juga dengan penguman dan pemberian hadiah Lomba Mata Pelajaran, IPA, IPS dan Matematika yang diselenggarakan SMPN 1 Garawangi dengan peserta siswa kelas 6 dari 22 SD penyangga. Dengan Pemenang Lomba sebagai berikut,

Mapel IPA

1. SDN Garawangi

2. SDN Garawangi

3. SDN Tembong

Mapel Matematika

1. SDN Mancagar

2. SDN 3 Purwasari

3. SDN Garawangi

Mapel IPS

1. SDN 3 Purwasari

2. SDN Mekarmulya

3. SDN 1 Purwasari


.(Irwan)