Peringatan HARDIKNAS 2023, Bupati Kuningan Amanatkan Perjuangan Harus Terus Dilakukan Demi Kemerdekaan Belajar

Peringatan HARDIKNAS 2023, Bupati Kuningan Amanatkan Perjuangan Harus Terus Dilakukan Demi Kemerdekaan Belajar

Rabu, 03 Mei 2023
Peringatan Hari Pendidikan Nasional Kabupaten Kuningan, Bupati Bertindak Sebagai Inspektur Upacara 


Benangmerah - Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 tingkat kabupaten dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.” dilakukan pemkab Kuningan dengan menggelar upacara yang dilaksanakan di Lapangan Pandapa Paramartha, Selasa (2/5/2023).


Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara petugas upacara bendera peringatan HARDIKAS kabupaten Kuningan sendiri diambil dari beberapa elemen pendidikan, salah satunya yang bertugas pembaca teks Pancasila adalah Kepala SMP Negeri 2 Cigugur, Irsan Fajar S.Pd. Pelaksanaan upacara pun berlangsung tertib dan khidmat.


Hadir dalam upacara peringatan tersebut, Wakil Bupati Kuningan, H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si, Unsur Forkopimda Kabupaten Kuningan, Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, seluruh Pejabat Eselon 2, Ketua TP.PKK Hj. Ika Siti Rahmatika, SE, Wakil Ketua TP.PKK Hj. Yuana Woelansarie, SH, dan Ketua DWP Hj. Ella Helayati, S.Sos.


Foto bersama para petugas Upacara Bendera Hardiknas Tingkat Kabupaten Kuningan bersama Kadisdikbud dan Ketua Komite SMPN 2 Cigugur sekaligus Wakil Bendahara Pengurus PGRI Kabupaten Kuningan 


Bupati berkesempatan membacakan pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, bahwa selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.


“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan. Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka”,Ungkapnya.


Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.


Selain itu bahwa kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar. Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarah, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita. Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar.


Selanjutnya ia sampaikan, layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita, oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.


Di akhir acara Bupati beserta seluruh undangan secara simbolis memberikan penghargaan terhadap sekolah-sekolah dengan simpanan pelajar kategori rekening dan saldo terbesar program literasi keuangan di Bank Kuningan Per Bulan Maret tahun 2023, serta pemberian penghargaan Bupati Kuningan bagi sekolah dengan siswa terbanyak penghapal Hafiz Al-Qur’an Juz 30 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kuningan, juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan duafa.


(Irwan)