DAK Fisik SMP dan PAUD Rampung 100 Persen. Serah Terima Pekerjaan Diharap Selesai Minggu Ini

DAK Fisik SMP dan PAUD Rampung 100 Persen. Serah Terima Pekerjaan Diharap Selesai Minggu Ini

Selasa, 20 Desember 2022
Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas, Disdikbud Kabupaten Kuningan, Danu Nugraha, SE, M.Si


Benangmerah - Realisasi pekerjaan fisik Dana Alokasi Khusus Pendidikan SMP dan PAUD kabupaten Kuningan dipastikan sudah mencapai 100 persen. Beberapa kekurangan untuk memenuhi hasil pemeriksaan BPKP juga sudah dilaksanakan. Sampai hari ini hanya tinggal menunggu serah terima hasil pekerjaan dari pelaksana kegiatan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


Hal ini disampaikan langsung Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Disdikbud kabupaten Kuningan, Danu Nugraha di hotel Purnama, Selasa (20/12/2022). Sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DAK SMP dan PAUD, dirinya memastikan sebelum akhir tahun sudah selesai semua, baik administrasi maupun pekerjaan fisik.


"Untuk pelaksanaan kegiatan tahun ini swakelola tipe 3. Dalam hal ini Gapensi sebagai asosiasi profesi konstruksi sebagai pelaksana. Tentunya ini akan menjadi bahan evaluasi untuk kedepan, baik dari sisi administrasi maupun hasil pekerjaan. Admistrasi sudah 100 persen, pencairan sudah semua. Pemeriksaan BPK juga sudah, meskipun ada beberapa sekolah terutama SMP yang harus dievaluasi dan harus perbaiki dari sisi volume dan kualitas," jelas Danu.


Baca juga : Pelaksanaan DAK Fisik Pendidikan Sarat Kepentingan, Ketua Gapensi Buka Suara


Namun demikian, lanjutnya, semua hasil pemerikasaan BPK sudah dilaksanakan oleh pelaksana dan selesai minggu kemarin. Selain BPK kegiatan ini juga diperiksa oleh Inspektorat Kabupaten dan Provinsi dengan objek pemeriksaan yang berbeda.


"Mengenai serah terima pekerjaan rencananya akan dilakukan minggu ini. Saat ini saya lagi menunggu dokumen-dokumen serah terima pekerjaan yang dibuat oleh perencana untuk ditandatangi sebagai PPK. Yang jelas sebelum akhir tahun wajib selesai semua," imbuhnya.


Untuk tahun 2022 ini diketahui dinas Pendidkan dan kebudayaan kabupaten Kuningan telah menerima anggaran DAK Fisik bidang SMP sebesar 30 milyar lebih dan bidang PAUD sekitar 3 milyar lebih.


.(Irwan)