SMPN 1 Cilimus Terapkan KBM Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan

SMPN 1 Cilimus Terapkan KBM Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan

Kamis, 21 September 2023

 

SMPN 1 Cilimus, Sekolah Berbasis Lingkungan

Benangmerah, Pelayanan pendidikan memang memiliki peranan yang vital dalam menyiapkan generasi bangsa unggul, baik dalam aspek mentalitas, maupun prestasi. Oleh karena itu pemerintah melalui Kemendikbud ristek mencoba membuat beberapa terobosan di dunia pendidikan Indonesia, salah satunya adalah dengan meluncurkan Kurikulum Merdeka mengganti Kurikulum 13.


SMP Negeri 1 Cilimus kabupaten Kuningan merupakan salah satu sekolah tingkat SMP yang menyambut hangat program tersebut. Dan sudah menerapkan di sekolah 2 tahun yang lalu. Hal ini tidak terlepas dari peran kepala sekolah yang juga merupakan kepala sekolah penggerak, yaitu Ida Nurhaeda, M.Pd.


Menurutnya, salah satu roh dalam Kurikulum Merdeka yang saat ini diterapkan di sekolah adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Untuk itu, beberapa kegiatan peningkatan kompetensi guru pun sudah dilaksanakan sekolah.


Kepala Sekolah, Ida Nurhaeda, M.Pd


"Kami dengan tenaga pendidik di sekolah telah berupaya menciptakan iklim pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan sesuai Kurikulum Merdeka. Selain kapasitas pendidik, sarana prasarana disini juga terus ditingkatkan. Beberapa ruang saat ini juga tengah rehab," ungkapnya selepas kegiatan ANBK disekolah, Rabu (20/9).


Program pembelajaran seperti ini diharapkan dapat merubah karakter siswa agar menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. 


"Kegiatan apapun yang dilakukan siswa di sekolah dilakukan dengan dasar yang menyenangkan, sehingga siswa akan lebih mencintai proses pendidikan disekolah," tambah Ida.


SMP Negeri 1 Cilimus diketahui merupakan salah satu sekolah unggulan dan merupakan pilihan nomor satu bagi pendaftar PPDB di wilayah Kuningan Utara. Jumlah siswa yang terdaftar dalam dapodik pun mencapai 1062 orang dengan fasilitas rombel sebanyak 30 ruangan.


Sarana Lab Komputer, Linkungan sekolah dan Tempat Ibadah terlihat sangat Indah 


Dari pantauan redaksi benangmerah.co.id, penataan sekolah berbasis lingkungan benar-benar tertata dengan rapih. Hal ini tentunya juga dapat memberikan perasaan nyaman baik peserta didik maupun tenaga pendidik di sekolah, sehingga proses pendidikan bisa berjalan dengan baik.


.(One)