GAIRAHKAN KEPRAMUKAAN, GUDEP SMA NEGERI 3 KUNINGAN GELAR PERKEMAHAN PENERIMAAN TAMU AMBALAN (PPTA)

GAIRAHKAN KEPRAMUKAAN, GUDEP SMA NEGERI 3 KUNINGAN GELAR PERKEMAHAN PENERIMAAN TAMU AMBALAN (PPTA)

Kamis, 26 Oktober 2023

 

Kepala SMAN 3 Kuningan, H. Chaeri saat kegiatan PPTA 

Benangmerah, Gugus Depan ( Gudep) 09129 dan 09130 Ki Hajar Dewantara dan Raden Ajeng kartini SMAN 3 Kuningan saat ini tengah melaksanakan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan di Bumi Perkemahan Sidomba Peusing Jalaksana, Kecamatan Jalaksana. Kegiatan berlangsung, Selasa-Kamis (24-26/10/2023).


“ Kegiatan PPTA dilaksanakan Dalam rangka pelaksanaan program OSIS Bidang Kepramukaan, serta Pelaksanaan Program Kerja Tahunan Gerakan Pramuka Gugus depan 09129 dan 09130 SMA Negeri 3 Kuningan tahun pelajaran 2023/2024, salah satunya adalah dengan mengadakan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA). Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan para Tamu Ambalan, serta mengharapkan kepramukaan di SMA Negeri 3 Kuningan dapat menunjang prestasinya minimal di Kwartir Ranting maupun di Kwartir Cabang dalam pemahaman bidang kepramukaan. “ Kata Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, H. Chaeri melalui Wakasek bidang Humas, Rabu (25/10).


Dikatakannya kegiatan ini bertemakan ANUSASANA, DAKSA , BIMANTARA , yang mengandung arti kedisiplinan dibangun oleh jiwa kuat. Jiwa pasti dimiliki oleh setiap manusia, namun Jiwa mulia tidak pasti dimiliki oleh setiap manusia. Disiplin dimaksudkan untuk membuat jiwa dalam diri manusia yang siap akan tantangan karena dengan kedisiplinan dapat menjadi landasan untuk membangun pendidikan yang lebih berkualitas. Bimantara bermakna untuk menanam kan Jiwa yang hebat/kuat.


320 Siswa Kelas X yang mengikuti PPTA di di Bumi Perkemahan Sidomba Peusing Jalaksana, Kecamatan Jalaksana


Pembina Pramuka SMAN 3 Kuningan, Asep Nugrah Eirawan, mengungkapkan, kegiatan ini diikuti peserta kelas X sebanyak 320 orang. Pramuka Penegak Bantara sebanyak 32 Orang. Ditambah undangan ekskul dan lainnya hingga jumlah keseluruhan mencapai 65 siswa, dengan jumlah Pembina 9 orang.


“ Selain untuk Meningkatkan ketaakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, melalui kegiatan ini juga untuk mengenalkan disiplin, tanggung jawab, kebersamaan dan kemandirian dalam menghadapi masalah,belajar mencintai lingkungan, serta meningkatkan gairah peserta didik dalam mengikuti latihan pramuka dan mempersiapkan calon Pengurus Pramuka Gugus Depan 09129 dan 09130 SMA Negeri 3 Kuningan yang siap fisik, mental dan keterampilan," tambahnya.


Diketahui dari Rundown kegiatan PPTA SMAN 3 Kuningan, hari ini (Kamis.red) merupakan hari terakhir yang akan diisi dengan upacara penutupan dan pemberian hadiah kejuaraan selama kegiatan berlangsung.


(One)