Ketua BPD dimotovasi untuk Bisa Membuat Perda Dan Memahami Tupoksi Agar Sinergis Dengan Pemdes

Ketua BPD dimotovasi untuk Bisa Membuat Perda Dan Memahami Tupoksi Agar Sinergis Dengan Pemdes

Sabtu, 28 Oktober 2023
Ketua BPD se Kabupaten Kuningan


Benangmerah, Kepada seluruh BPD dalam hal ini BPD lebih dewasa BPD bisa bekerja lebih profesional, bisa lebih sinergis dengan pemerintah. Ini saya sampaikan kepada seluruh BPD yang ada di Kabupaten kuningan, BPD kedepan harus visioner, untuk bagaimana membangun ekonomi, bagaiman membangun infrastruktur dan membangun tingkat pendidikan di desa, sehingga desa menjadi desa berkembang. 


Hal ini disampaikan Ketua PABPDSI Jawa Barat Bintang Gemilang MDS. Target Jawa Barat BPD heris betul betul bisa bekerja secara profesional sinergis dan terutama nasib tentang BPD, bagaimana agar BPD ini tidak kurang financial. 


"Contoh di beberapa wilayah ada yang dapat tunjangan, ada yang dat tetapi kecil, tunjangan yang tidak sepadan inilah yang menjadi bekerja kurang profesional dalam menjalankan tupoksinya sebagai perwakilan masyarakat," tutur Bintang Gumilang.


Setelah kami turun ke Kuningan ada beberapa contoh BPD di Desa bisa menjalankan sidang paripurna desa karena kontrolnya jalan, pemdes sama BPD saling mengevaluasi, sesuai harapan masyarakat maupun pemerintah daerah, ini hal baik yang harus meranah ke setiap desa, dan ini tidak hanya di ranah Kuningan saja tapi harus bisa di lakukan se Jawa Barat capaiannya. Sehingga dari pendapat itu bisa terbangun BUMDes nya atau desa bisa membangun BUMDes.


Dan kamu menekankan kepada BPD bagaimana agar BPD bisa mensuport, mendorong BUMDes di setiap desa bisa berjalan sesuai harapan masyarakat, kami bicara kepada teman teman maari kita contohkan bagaimana BPBD nya sendiri bisa berinvestasi di BUMDes sehingga bisa mengangkat perekonomian masyarakat dari sistem kelola Bumdes selain bisa mensejahterakan BPD nya sendiri, harap Bintang.


Hal senada pun disampaikan dengan melalui Bimtek para Ketua BPD se Kabupaten kuningan isi materinya ada beberapa poin yang harus di ikuti oleh para Ketua BPD hingga akhir, tadi pagi telah melaksanakan HUT BPD serta pelantikan Satgas kemudian di susul teknis pelaksanaan Pemilu dan motivasi teknis kegiatan Ketua BPD di masing masing desanya melalui narasumber dari Komisi 2 DPR RI yakni pa Yanuar Prihatin selaku motivator, sehingga ketua BPD mempunyai wawasan bagaimana ketika bisa bermitra dengan Pemdes


Setelah itu mengikuti materi teknis pengawasan dari Sekretaris Inspektorat Kuningan, di lanjut acara dengan Sekda Kuningan, dan acara materi pokok bagaimana caranya agar Ketua BPD mampu membuat Perda dalam rangka mendongkrak peningkatan PADes di desanya masing masing.


eksistensi BPD Kabupaten Kuningan di jadikan pilot projek Propinsi Jawa Barat, karena Kuningan selalu di tiru kegiatan keahliannya oleh Kabupaten Kabupaten lain. Salah satu contoh ketika pelantikan pengurus PABPDSI di Jawa Barat di motori oleh Kabupaten Kuningan, setelah itu Kabupaten lain di Jawa Barat mengikuti jejak Kabupaten Kuningan, dan tahun ini PABPDSI Kuningan membidani lahirnya program pelantikan Satgas PABPDSI, Insya Allah Menurut Ketua PABPDSI Jawa Barat akan di ikuti oleh Kabupaten Kabupaten lain.


Menyinggung terkadang ada ketidaksinkronisasian dan kurang sinergis antara BPD dengan Pemdes. 


"jadi pada dasarnya menurut kacamata Saya Sebagai pengurus kabupaten, Bukan tidak sinkron atau tidak sinergi tetapi mereka belum mampu atau belum memiliki wawasan sehingga dalam pemahaman tetang tupoksi BPD itu sendiri, tapi insya Allah dengan diadakannya bimbingan teknis ini akan membantu mereka untuk menguasai pemahaman tentang tupoksi BPD itu sendiri, terang Maman pengurus PABPDSI Kabupaten Kuningan Wakil Ketua lima. (Mans Bom)