Rekanan Kebut Pekerjaan Kuningan Caang, Kepala BPKAD Pastikan Pembayaran Aman

Rekanan Kebut Pekerjaan Kuningan Caang, Kepala BPKAD Pastikan Pembayaran Aman

Senin, 09 Oktober 2023
Ilustrasi Program Kuningan Caang


Benangmerah, Rekanan pemenang tender Program Kuningan Caang, nampak kerja keras menyelesaikan pekerjaannya. Pemasangan ribuan lampu PJU di seluruh desa, kelurahan, jalan perbatasan, jalan akses menuju objek wisata diinisiasi oleh Dinas Perhubungan (Dishub). 


Diketahui sebelumnya, bahwa program Kuningan Caang didanai dari Bantuan Keuangan Pemprov Jawa Barat. Anggaran program ini cukup fantastis, mencapai Rp 117 milyar. Sementara waktu pelaksanaan program ini sampai akhir Desember 2023.


Untuk mensukseskan program ini, pihak rekanan sendiri menyewa dua gudang untuk menyimpan tiang pju, lampu dan peralatan penunjang lainnya. Kedua gudang itu yakni di Jalan Raya Panawuan-Timbang dan di Desa Cineumbeuy, Kecamatan Lebakwangi. 


Dari pantauan di lapangan, para pekerja masih melakukan penggalian dan pengecoran yang nantinya dipasang tiang PJU. Terlihat, ruas Cibuntu menuju jalan lingkar timur atau perempatan Caracas sudah rampung dicor, tinggal menunggu kering dan dipasang tiang PJU.


Kasi Prasarana Dinas Perhubungan Kuningan, Didin Ardiansyah mengatakan, pemasangan PJU sepenuhnya berada di tangan perusahaan pemenang tender.


Untuk lokasinya juga sudah ditetapkan sejak awal. Rekanan hanya tinggal memasangnya saja.


"Untuk lokasi pemasangan, tidak ada perubahan. Namun sebelumnya ada wilayah perbatasan yang tidak masuk dalam daftar, sekarang sudah masuk dan akan dipasang PJU. Ini kan jalan kabupaten dan juga akses menuju objek wisata di Kabupaten Kuningan," kata Didin.


Meski pengerjaannya dikebut namun ada yang meragukan kesuksesan program ini. Hal ini berkaitan dengan anggaran Banprov tersebut yang sudah turun dari awal tahun. Namun sistem pembayaran pekerjaan menggunakan full financiering (sistem pembayaran tanpa uang muka-Red) 


Terkait masalah itu, H Mutofid saat menjabat Kepala Dinas Perhubungan Kuningan, menegaskan jika anggaran dari Pemprov Jawa Barat sudah turun semua dan ada di kas daerah. 


Terpisah, Kepala BPKAD kabupaten Kuningan, DR. H. A Taufik Rohman, menjelaskan pemkab Kuningan bertanggungjawab atas pembayaran pekerjaan Kuningan Caang. Hal ini sudah melalui pembahasan baik dengan Bupati maupun Sekda Kuningan.


"Yang penting selesai pekerjaan pasti kita bayar penuh. Terkait anggaran Banprov tersebut sudah masuk kas daerah, akan kita pertanggung jawabkan bersama pak bupati dan pak sekda. Begitu juga dengan kondisi keuangan Kuningan yang kurang normal sudah diantisipasi dengan refocusing dan rasionalisasi," ungkap H. Taufik saat dihubungi via telepon beberapa waktu lalu.


.(One)