SMPN 2 Ciawigebang Sekolah Penggerak Yang Siap Wujudkan Visi Pendidikan Indonesia

SMPN 2 Ciawigebang Sekolah Penggerak Yang Siap Wujudkan Visi Pendidikan Indonesia

Rabu, 11 Oktober 2023

 

Kepala SMPN 2 Ciawigebang, H. Tata Saptaji pada acara Pelepasan Angkatan 27 dan Panen raya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 2023

Benangmerah, Mungkin bagi masyarakat pada umumnya belum tahu kalau sekolah yang satu ini merupakan salah satu sekolah penggerak. SMP Negeri 2 Ciawigebang sudah 2 tahun menjadi sekolah penggerak yang siap mewujudkan visi pendidikan Indonesia, yakni mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.


Sebagai sekolah penggerak, SMPN 2 Ciawigebang tentunya mempunyai program yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).


Kepala Sekolah, H. Tata Saptaji menjelaskan, pada tahun ke-2 ini SMPN 2 Ciawigebang berfokus pada pengimbasan kepada SMP lain untuk mengakselerasi sekolah negeri/swasta di kecamatan Ciawigebang dan sekitarnya untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di kabupaten Kuningan khususnya menjadi Sekolah Penggerak.


"Yang paling berat mungkin tahun ini. Kita harus bisa mengimbaskan program sekolah penggerak ke sekolah lain. Seperti Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila ((P5) melalui pelatihan seperti kegiatan IHT (In House Training). Sehingga SMP lain yang bukan sekolah penggerak bisa mengadopsi program sekolah penggerak," terangnya kepada benangmerah.co.id.


.(One)