Stop Bullying,...... MAN 1 Kuningan : Diperlukan Kebersamaan

Stop Bullying,...... MAN 1 Kuningan : Diperlukan Kebersamaan

Jumat, 20 Oktober 2023
MAN 1 Kuningan,
Jl. Mayasih No.881, Cigugur, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552


Benangmerah, Maraknya aksi bullying yang viral melalui media sosial diberbagai daerah, termasuk yang melibatkan siswa sekolah di kabupaten Kuningan telah menjadi perhatian serius pemkab Kuningan. Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH bahkan telah mengeluarkan surat edaran nomor: 420/2534/Disdikbud tentang Pencegahan Aksi Perundungan (Bulliying) dan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan tersebut ditujukan ke Disdikbud, Kepala Satuan Pendidikan (sekolah) dan Seluruh Komite Sekolah.


Bullying atau perundungan adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja. Pelaku adalah satu atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa.

Kekerasan yang dilakukan terhadap orang lain ini dilakukan terus menerus dengan tujuan menyakiti. Bullying dapat dilakukan antar peserta didik, guru, peserta didik kepada guru, atau sebaliknya.


Untuk mengatasi bullying diperlukan kerja sama seluruh warga sekolah. MAN 1 Kuningan sendiri lebih mengedepankan kebersamaan seluruh elemen disekolah dalam memerangi bullying dan kekerasan.


"Kami pihak sekolah terus melakukan sosialisasi ke para siswa baik pada saat upacara maupun kegiatan lainnya. Yang paling penting mari kita perangi bullying dan kekerasan anak bersama-sama. Baik guru, siswa, dan komite ," ungkap Kepala MAN 1 Kuningan, Drs. H. Dadang Haerudin, MA saat ditemui, Jumat (20/10).


"Selain itu, kami juga telah membentuk satgas/Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) sesuai tupoksinya dan program kerja di madrasah serta peran guru BK dan BP sangat penting," sambungnya.


Anggota TPPK sendiri, masih H. Dadang, diisi oleh para wakamad bidang kesiswaan, guru BP dan guru BK. MAN 1 Kuningan sendiri telah menyatakan Anti Bullying dan Kekerasan. Semoga disini anak-anak dihindarkan dari aksi tersebut.


(One)