Kuningan Command Centre Siap Difungsikan Kang Emil : "Keren"

Kuningan Command Centre Siap Difungsikan Kang Emil : "Keren"

Rabu, 02 Februari 2022

 

Foto bersama gubernur Jabar dalam ruangan Kuningan Command Centre

Kuningan, (BM) - Pembangunan Kuningan Command Centre saat ini telah rampung dan siap digunakan guna menunjang tiga fungsi, yaitu sebagai pusat data, sebagai sarana infrastruktur dalam melihat situasi dan kondisi di lapangan, baik melalui CCTV publik ataupun media informasi, dan sebagai alat komunikasi dengan masyarakat.


Hal tersebut diungkapkan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengunjungi kabupaten Kuningan dalam rangka peresmian beberapa project strategis yang didanai dari APBD provinsi Jabar tahun 2021.


“Kereen. Inilah Pak Bupati, Command center ini nanti digunakan oleh Pak Bupati sebagai pusat komando dalam pengambilan berbagai keputusan.” Ujarnya.


“Ada tiga fungsi Command Center yang nanti bisa digunakan oleh Pak Bupati, yaitu, sebagai pusat data, artinya dari sini pak Bupati bisa melihat data-data dari perangkat daerah apakah sudah memenuhi standar yang diharapkan, lalu kedua, sebagai sarana infrastruktur dalam melihat situasi dan kondisi di lapangan, baik melalui CCTV publik ataupun media informasi, yang nanti akan dijadikan referensi sebagai bahan keputusan. Lalu ketiga sebagai alat komunikasi dengan masyarakat” jelasnya.


Gubernur juga berharap kedepan Kuningan Command Center dapat bermanfaat yang pada akhirnya bertujuan untuk membawa Kabupaten Kuningan semakin maju.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M,Si menjelaskan kondisi Command Center saat ini setelah pembangunannya selesai dilaksanakan.


“Command center Kabupaten Kuningan alhamdulillah saat ini sudah selesai dilaksanakan. Selain sudah terpasang 8 titik CCTV publik yang terintegrasi dengan Command Center, kami juga bekerjasama dengan Jabar Digital Service dan Sumedang Command Center untuk mengisi aplikasi didalamnya. Selain itu dalam rangka menuju Kuningan Smart City, kami juga sudah membuat satu aplikasi KUDA SIWINDU (Kuningan Cerdas, Aplikasi Wahana Transformasi Kehidupan Baru).


Lebih lanjut Wahyu menambahkan, “Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi teknologi komunikasi. Untuk itu kedepan kami tentu akan memaksimalkan Command center ini, tentu dengan penambahan aplikasi sesuai dengan kebutuhan” katanya.


Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama juga mengapresiasi atas terbangunnnya Command Center, dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Gubernur Jawa Barat tersebut.


“Alhamdulillah, tahun ini kuningan telah memiliki Command Center. Dengan adanya Command center ini kami dapat memantau setiap perkembangan di Kabupaten Kuningan.  Melalui komunikasi cepat dengan seluruh perangkat daerah kami bisa membahas situasi Kabupaten Kuningan melalui data-data yang ada. kami juga berharap kedepan pengembangan command center dapat segera dilaksanakan sehingga jalan-jalan dan obyek wisata di kabupaten kuningan dapat terpantau melalui cctv publik. Atas kebijakan Pak Gubernur yang telah memperhatikan Kabupaten Kuningan kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya” kata Bupati.


.(One)