Damkar Kabupaten Kuningan Terbakar, Ilustrasi Paska Foodcourt Taman Kota Kuningan meledak

Damkar Kabupaten Kuningan Terbakar, Ilustrasi Paska Foodcourt Taman Kota Kuningan meledak

Selasa, 19 April 2022
Kegiatan sosialisasi dengan cara simulasi penanggulangan dan pencegahan kebakaran ini berlokasi di Foodcrourt Taman Kota Kuningan


Kuningan, (BM) - Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan terbakar, terbakar semangatnya damkar membarikan teknik dan tatacara melakukan penanganan pada peristiwa melebaknya tabung gas. Itu dilakukan tim Damkar paska terjadi peristiwa terbakarnya Foodcourt di lantai II Taman Kota Kuningan akibat ledakan tabung gas yang bocor.


Kegiatan sosialisasi dengan cara simulasi penanggulangan dan pencegahan kebakaran ini berlokasi di Foodcrourt Taman Kota Kuningan, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Giat tersebut atas dasar inisiatif UPT Damkar, Pol PP Kabupaten Kuningan pasca terjadinya kebakaran di Foodcourt Taman Kota yang mengakibatkan salah seorang pedagang mengalami luka bakar. 


"Kegiatan tersebut mengilustrasikan cara pencegahan dan tatacara penanggulangan terjadinya kebakaran serta tatacara lepas pasang Regulator pada Tabung Gas ukuran 3 Kg. Selain itu simulasi ini juga sekaligus memperagakan cara mengatasi kebocoran yang mengakibatkan kebakarnya tabung serta kompor gas juga Wajan yang berpotensi menimbulkan kebakaran lainnya. Peragaan ini LK 30 menit," sebut Kepala UPT Damkar Satpol PP M.H. Khadafi Mufti.


Dalam kesempatan ini Khadafi juga berpesan kepada SKPD yang menerbitkan perijinan dan atau penyusun rencana pembangunan fasilitas umum, perumahan, perkantoran serta lainnya, agar setiap pembangunan baik yang siap operasi harus tersedianya alat froteksi kebakaran aktif dan pasif (Apar hidran, Smokdetector, dan lainnya) sebutnya.


Serta bangunan yang sudah beroperasi, lanjut MH Khadafi,  tetapi belum memiliki atau dilengkapi alat proteksi kebakarannya. Untuk bangunan yabg belum memilik sistem proteksi kebakaran aktif disarankan sebelum digunakan penuhi dulu semua persyaratan yang sudah tercatat dalam peraturan dan perundang undangan, sarannya.


UPT Damkar Satpol PP siap memberikan membantuan Satu buah Apar jenis powder ukuran 6 Kg dan pemasangan nomor darurat layanan pemkab Kuningan kepada pengelolan Foodcourt Taman Kota Kuningan pasca kebakaran itu, UPT Damkar Pol PP juga menyarankan kepada pengelola untuk memenuhi kekurangan sistem proteksi kebakaran lainnya, (Mans Bom)