Tingkatkan Mentalitas, Siswa SMKN 2 Kuningan 'Digembleng' Pendidikan Dasar Ketarunaan

Tingkatkan Mentalitas, Siswa SMKN 2 Kuningan 'Digembleng' Pendidikan Dasar Ketarunaan

Senin, 06 Februari 2023
Salah seorang anggota Kodim 0615 sedang memberikan materi 


Benangmerah, Pasca Covid-19 menyisakan PR tersendiri bagi pendidikan di SMK Negeri 2 Kuningan. Pihak sekolah menilai terjadi penurunan mental siswa dikarenakan pembelajaran online yang dilakukan full tanpa tatap muka semasa pandemi Covid-19. 


Untuk mengembalikan mental siswa yang tangguh dan disiplin, sekolah berinisiatif melakukan program Pendidikakn Dasar Ketarunaan, bekerjasama dengan Kodim 0615 Kuningan. Kegiatan ini sebenarnya sudah mulai dilakukakan pada awal tahun ajaran baru 2022/2023 pada kelas 10, disatukan dengan rangkaian kegiatan PPDB dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).


"Untuk kelas 10 kemarin bertujuan dalam rangka mengenal SMK dan mempersiapkan siswa belajar di kelas di SMK Negeri 2 Kuningan. Ya, sebagai bentuk adaptasi, dari SMP ke SMK. Disamping itu, kegiatan ini juga berkaitan dengan Kurikulum Merdeka terkait Profil Pelajar Pancasila (P5)," ungkap Kepala Sekolah, Ibnu Udy Prasetyo melalui Wakasek Kesiswaan, Hendi Suhendi, M.Pd, Senin (6/02/2023).


Siswa Kelas 12 dari seluruh jurusan sedang melaksanakan Pendidikan Dasar Ketarunaan


Sementara, lanjut Hendi, untuk kegiatan ketarunaan yang sekarang dilakukan pada siswa kelas 12 bertujuan mempersiapkan mental anak siap kerja nanti. Meskipun ada ujian kompetensi dan ujian sekolah, pihak sekolah tetap merasa perlu membekali anak agar mereka lebih siap secara fisik dan mental.


"Kita lakukan kegiatan Ketarunaan seperti ini selama 5 hari dari tanggal 6 (hari ini) sampai 10 Februari 2023 agar mereka lebih siap kerja secara mental maupun fisik, sehingga tidak mudah menyerah, lebih memiliki sikap tanggung jawab dan disiplin. Hasilnya untuk kelas 10 sendiri luar biasa. Dari hasil survey dan google form yang kita sebar waktu itu ke anak maupun bapak ibu guru, pengaruhnya signifikan. Mereka menjadi lebih disiplin, lebih bisa menghargai waktu dan lebih siap dalam belajar," jelas Hendi.


Kepala SMKN 2 Kuningan, Ibnu Udy Prasetyo didampingi Wakasek Kesiswaan, Hendi Suhendi


Ditempat yang sama, kepala SMKN 2 Kuningan, Ibnu Udy Prasetyo, mengaku akan terus mengevaluasi kegiatan Pendidikan Dasar Ketarunaan ini. Namun sejauh ini pihak sekolah menilai cukup positip dalam mempersiapkan anak baik dalam belajar maupun di dunia kerja nanti. 


Dalam mendukung kegiatan Pendidikan Dasar Ketarunaan di SMKN 2 Kuningan ini, Kodim 0615 Kuningan menurunkan tidak kurang dari 10 personil. Merekan akan menggembleng baris berbaris, wawasan kebangsaan dan juga fisik siswa di aula, lapangan dan lingkungan di luar sekolah.


.(irwan)