Banjir Bandang Terjang Dusun Cilimus Jamberama. Kecamatan Selajambe Kuningan

Banjir Bandang Terjang Dusun Cilimus Jamberama. Kecamatan Selajambe Kuningan

Sabtu, 25 Maret 2023
Luapan banjir bandang berupa lumpur Sungai Cilimus, genangi rumah rumah warga


Benangmerah - Pemerintah daerah Kabupaten Kuningam melalui BPBD bersama Damkar tak jarang memberikan himbauan kepada masyarakat terutama di daerah rawan bencana, baik bencana alam berupa tanah longsor banjir bandang maupun bencana kebakaran. Hal itu guna mengantisipasi dan meminimalisir adanya korban jiwa. 


Kendati demikian sifatnya alam sulit di prediksi ketika terjadi musim penghujan dan atau kemarau, berbgai peristiwa di wilayah Kabupaten Kuningan tak jarang terjadi. Inikali banjir lumpur terjadi di Dusun Cilimus, Desa jamberama, Kecamatan Selajambe. badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) merelease peristiwa banjir lumpur, luapan dari Sungai Cilumus menggenangi permukiman warga.


Tercatat 12 rumah warga di RT 02, 03, 04.RW 01 Dusun Cilimus, Desa Jamberama terendam peristiwa brncana banjir lumpur luapan Sungai Cilimus itu terjadi pukul 15 48 WIB Sabtu (25/3/2023). Dalam peristiwa tersebut Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, kata Kalak BPBD Indra Bayu Permana.


Waktu itu di daerah Selajambe terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur Desa Jamberama sejak pukul 13.00 hingga pukul 18.00 mengakibatkanbterjadi banjir bandang. Saat itu aparat Pemdes Jamberama berkoordinasi dengan pihak TNI, Polri serta BPBD. Kabupaten Kuningan, aparat desa bersama masyarakat membersihkan berbgai matrial dan lumpur yang masuk ke rumah rumah warga. Sementara BPBD memberikan Lima paket sembako melalui Camat Selajambe.


BPBD terus berkoordinasi dengan Pemdes Jamberama. Dan Minggu (26/3/2023) BPbD akan mengerahkan massa untuk membersihkan aterial banjir bandang. (Mans Bom)