Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa Baru SMPN 1 Cigandamekar Nampak Antusias

Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa Baru SMPN 1 Cigandamekar Nampak Antusias

Senin, 17 Juli 2023

Kepala SMPN 1 Cigandamekar, Kab Kuningan, Aris Suwanto, S.Pd


Benangmerah, Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2023/2024 SMP Negeri 1 Cigandamekar melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Senin, (17/7/23). Kegiatan ini akan belangsung selama tiga hari.


Kepala SMPN 1 Cigandamekar, Aris Suwanto, S.Pd mengatakan

MPLS yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai hari Senin (17/07) hingga Kamis (rabu libur) ditambah kegiatan pramuka selama 2 hari (Jumat-Sabtu) diikuti oleh 102 siswa baru kelas VII.


“Tujuan dari MPLS untuk mengenalkan siswa kepada lingkungan sekolah yang baru yakni di SMPN 1 Cigandamekar,” jelas Aris


Aris berharap, setelah mengikuti MPLS siswa bisa langsung menyesuaikan diri dengan suasana yang baru, sehingga nanti saat mulai KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sudah beradaptasi dengan lingkungan sekolah.


Selama MPLS, ungkap Aris, siswa lebih ditekankan pada pendidikan karakter melalui pelaksanaan tata tertib dan tata krama di sekolah, seperti ketika siswa ke sekolah masuk lingkungan sekolah harus sopan dan menyapa bapak ibu guru.


“Pembentukan Karakter tersebut nantinya akan membentuk karakter siswa,” ungkap Aris.


Masih dikatakan Aris, kegiatan MPLS di hari pertama diisi dengan upacara pembukaan oleh Kepala Sekolah. Ada berbagai materi selama MPLS berlangsung, materinya meliputi Kepempimpinan, PBB dan Pendidikan karakter, Keagamaan tadarus dan pengenalan lingkungan.


“Selain kegiatan tersebut, kami juga mengajak para siswa untuk sholat berjamaah,” terang Aris.


Siswa Baru kelas VII SMPN 1 Cigandamekar 


Untuk tahun ajaran baru 2023/2024 program MPLS di SMPN 1 Cigandamekar agak berbeda dengan beberapa tahun lalu, karena disesuaikan dengan kurikulum yang baru yaitu kurikulum merdeka yang baru 2 tahun ajaran diterapkan, sehingga kegiatan lebih menarik. Selain itu juga di hari akhir kegiatan akan diisi aksi kegiatan dari kakak kelas, terutama kegiatan ekstrakurikuler.


“Kami berharap kegiatan MPLS di SMPN 1 Cigandamekar bisa berjalan dengan baik, dan lancar. Selain kegiatan yang diisi guru-guru, juga nanti akan ada kegiatan yang menampilkan ekstrakurikuler yang ada di sekolah oleh kakak-kakak kelas,” pungkasnya.


Sementara, hasil pantauan media online benangmerah.co.id nampak siswa baru yang masih mengenakan pakaian putih-merah nampak antusias mengikuti kegiatan MPLS di lingkungan yang baru.


.(irwan)