Anjing Liar Pemangsa Kambing Di Tiga Desa Kecamatan Kramatmulya Berhasil Ditangkap Tim Pemburu

Anjing Liar Pemangsa Kambing Di Tiga Desa Kecamatan Kramatmulya Berhasil Ditangkap Tim Pemburu

Sabtu, 05 Agustus 2023
Perburuan anjing liar dan berhasil di lumpuhkan 6 ekor


Benangmerah, Lega dan hilang rasa kecemasan masyarakat Desa Cibentang, Ragawacana dan Desa Kalapagunung, Kecamatan Kramatmulya Kuningan, pasalnya beberapa ekor Anjing liar yang kerap meneror warga tersebut berhasil di lumpuhkan oleh tim pemburu.


Setelah masyarakat merasa tidak tenang dengan teror anjing liar yang memangsa hewan peliharaan milik warga hingga puluhan kambing mati dimangsanya. Sebelum perburuan di lakukan oleh Tim UPT Damkar Satpol PP Kuningan mendapat surat dari Kepala Desa Cibentang isinya minta bantuan atas serangan anjing liar yang memangsa kambing warga. Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan Mh Khadafi Mufti menyarankan kepada Kepala Desa tersebut untuk segera melaporkan peristiwa tersebut kepada yang berwenang untuk menangani bersama.


Setelah dilakukan mitigasi Damkar Satpol PP melakukan koordinasi dengan stakeholder dari hasil kesepakatan bersama antara Camat, Polsek Kramatmulya, Koramil Jalaksana , BKSD cirebon, Dinas Pertanian, Dinas peternakan dan Dinas kesehatan dr Hewan Cilimus serta Perbakin, setelah diendap selama 6 hari, tim perbakin berjasil melumpuhkan 6 ekor anjing liar dan ternya anjing anjing tersbut bukan jenis Ajag atau Anjing hutan.


"Anjing anjing yang di buru itu bukan Anjing jenis Ajag atau Anjing hutan melainkan Anjing kampung, Anjing anakan yang biasa dipelihara untuk berburu, yang terpisah dari gerombolannya atau diduga sengaja dilepasliarkan karena si majikan sudah tidak mampu lagi memberi makan peliharaannya sehingga masuk pemukiman warga untuk mencari sumber makanan," terang Kepala UPT Damkar Satpol PP Mh. Khadafi Mufti (Mans Bom)