Di Gedung Naskah Perjanjian Linggajati, Kampus UMKM Kuningan Menangkan Lomba Ngakeul Di Hawu/Tungku

Di Gedung Naskah Perjanjian Linggajati, Kampus UMKM Kuningan Menangkan Lomba Ngakeul Di Hawu/Tungku

Selasa, 12 September 2023
Tim Kampus UMKM Kuningan menangkan lomba ngakeul di Hawu/Tungku 2023


Benangmerah, Kawasan wisata sejarah Gedung Naskah Linggarjati menjadi saksi kemenangan Kampus UMKM Kuningan dalam ajang Lomba Ngakeul Di Hawu 2023 yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Ahad (10/9/2023).


Acara tersebut bertujuan untuk mempromosikan dan melestarikan tradisi memasak nasi secara tradisional dengan menggunakan alat-alat memasak masak tradisional seperti kayu bakar, hawu (tungku), seeng, aseupan, dan lainnya.


Ketua Kelompok Ngakeul Kampus UMKM Kuningan, Titin Sartini, dengan senyum bahagia mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh timnya. "Event semacam ini sangat penting untuk melestarikan dan menjaga tradisi budaya kita dalam hal memasak. Ini adalah bagian tak terpisahkan dari identitas masyarakat Kuningan," katanya. 


Titin menambahkan, kegiatan yang mengangkat kearifan lokal seperti ini harus diperbanyak. Meskipun saat ini hidup di era modern, kita masih bisa menghargai dan menjaga tradisi ini. Bukan berarti anti-modernisasi, tetapi lebih pada bagaimana kita dapat mengadaptasi nilai-nilai tradisional dalam kehidupan sehari-hari. 


"Terlebih lagi, hal ini juga berdampak positif pada kesehatan, karena nenek kita dahulu menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet dan penyedap rasa dalam proses memasak. Juga proses memasak yang lebih sehat dibanding saat ini yang serba instan," lanjutnya.


Sebagai seorang pelaku UMKM, Titin menjelaska bahwa di tengah gelombang industri modern, masih ada pelaku UMKM yang Memproduksi secara tradisional dan berhasil mempertahankan kearifan lokal, baik dalam pemilihan bahan maupun proses produksi. 


Titin juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan sebagai penyelenggara acara, serta seluruh dewan juri yang telah memberikan penilaian yang adil.


"Penghargaan ini adalah hasil kerja keras tim kami dari Kampus UMKM Kuningan, baik yang terlibat langsung ataupun tidak. Dan kami berharap dapat terus berkontribusi dalam melestarikan warisan budaya dan kuliner tradisional yang begitu berharga bagi masyarakat Kuningan," ucapnya dengan penuh semangat.


Prestasi Kampus UMKM Kuningan dalam Lomba Ngakeul 2023 menjadi motivasi untuk pengurus dan anggota bahwa, tradisi dan inovasi dapat bersinergi untuk merawat warisan budaya yang tak ternilai harganya, yang akan diwariskan untuk generasi mendatang, pungkasnya *(Mans Bom)*