Tiap Hari Di Kuningan Terjadi Kebakaran, Namun Tak Pernah Ada Yang Menyimpulkan Penyebabnya

Tiap Hari Di Kuningan Terjadi Kebakaran, Namun Tak Pernah Ada Yang Menyimpulkan Penyebabnya

Kamis, 12 Oktober 2023
Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan. Mh Khadafi Mufti


Benangmerah, Kebakaran adalah suatu bentuk gumpalan api yang menyala baik sekala kecil maupun besar di daerah atau tempat yang tidak dikehendaki tentu saja hal itu bersifat merugikan. Penyebabnya bisa dari kelalaian manusia, instalasi listrik, lupa mematikan kompor saat mau ditinggal pergi, membuang puntung rokok yang masih berbara di sembarang tempat dan atau sengaja membakar rumput kering agar lahan tampak rapih, kendati semua itu berisiko tinggi namun sejauh ini tidak pernah ada yang menyimpulkan penyebab pastinya.


Kebakaran yang kerap terjadi di daerah Kabupaten Kuningan dalam klasifikasi peristiwa yang membuat sibuk Damkar serta BPBD adalah kebakaran hutan dan lahan alang alang kering yang mudah merembet dan meluas dan bukan merupakan fenomena alam, selama peristiwa kebakaran terjadi di beberapa wilayah tidak ada tim yang menyelidiki penyebabnya.


Klasifikasi fenomena alam adalah terjadi gesekan dedaunan keras yang kering akibat tertiup angin dalam cuaca panas, ranting kering pohon berminyak dan atau bergetah, selain itu bukan fenomena alam, semisal dari instalasi listrik, pembakaran di tempat sampah serta pembakaran alang alang dan membuang puntung rokok yang masih berbara ke semak belukar, itu akibat kelalaian manusia, juga dengan sengaja membuka lahan dengan cara di bakar itu ketamakan manusia. Lalu bagaimana menyimpulkan dari peristiwa kebakaran yang kerap terjadi?


Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan. Mh Khadafi Mufti, kejadian kebakaran harus menjadi perhatian semua pihak oleh katena itu perlu adanya upaya penegakan hukum. Lantaran bukti bukti di lapangan sudah mencukupi, baik itu pemilik lahan, pemilik perusahaan, pemilik pengembang perumahan, pemilik kebun tanaman Jati dan lainnya. 


"Ini bisa menjadi titik awal penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti kebakaran, apakah disengaja atau tidak," harap nya.


Karena hakikatnya sesuatu hal yang mengakibatkan membuat terganggunya rasa aman dan keamanan di masyarakat bisa dilakukan upaya penyelidikan agar tercipta rasa aman dan nyaman di masyarakat. Imbuh Khadafi (Mans Bom)