Hasil Kegiatan DAK Fisik Pendidikan 2023 Kabupaten Kuningan Diresmikan Bupati Acep Purnama

Hasil Kegiatan DAK Fisik Pendidikan 2023 Kabupaten Kuningan Diresmikan Bupati Acep Purnama

Rabu, 29 November 2023

 

Peresmian DAK Fisik Pendidikan kabupaten Kuningan tahun 2023

Benangmerah, Hasil Kegiatan Dana Alokasi Khusus bidang Pendidikan tahun 2023 secara simbolis diresmikan bupati Kuningan, H. Acep Purnama pada siang tadi, Rabu (29/11) bertempat di SMP Negeri 1 Jalaksana.


Peresmian secara simbolis ditandai dengan penandatanganan prasasti hasil kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan hasil pembangunan dan rehabilitasi bangunan di SMPN 1 Jalaksana sebagai salah satu penerima DAK. Hadir juga seluruh kepala sekolah penerima DAK fisik Pendidikan tahun 2023 mulai dari PAUD, SD dan SMP.


Acara peresmian diawali dengan penyampaian laporan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, U. Kusmana, S.Sos, M.Si. 


Disampaikannya, tahun 2023 pemerintah kabupaten Kuningan mendapat alokasi dana khusus dari pemerintah pusat yang meliputi, Bidang Pembinaan SMP sebesar 36 milyar yang mencakup 22 sekolah penerima, Bidang Pembinaan SD sebesar 27 milyar yang mencakup 28 sekolah penerima dan Bidang Pembinaan PAUD Dikmas sebesar 3 milyar.


"Aspek sarana dan prasaran merupakan aspek mutlak dlm meningkatkan mutu pendidikan yg berkualitas guna mewujudkan tujuan bersama sebagai kabupaten pendidikan di Kuningan.

Menyadari kemampuan daerah yg terbatas maka kami melakukan koordinasi baik dg kementrian maupun provinsi," Ungkapnya


Dalam hal ini, sambungnya, selaku Kepala Dinas Pendidikan, mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan dak fisik bidang pendidikan di kabupaten Kuningan yang dilaksanakan secara swakelola dengan hasil yang cukup baik.


Penandatanganan Prasasti oleh bupati Kuningan, H. Acep Purnama


Pada acara peresmian ini bupati Kuningan mengapresiasi kerja keras dan dedikasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. 


“Saya ingin mengucapkan selamat dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Ini adalah bukti nyata dari komitmen kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kuningan,” ujar Bupati Kuningan.


Bupati Kuningan juga berharap, dengan peresmian ini, fasilitas pendidikan yang baru dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dan guru untuk mendukung proses belajar mengajar. 


“Saya berharap, dengan peresmian ini, fasilitas pendidikan yang baru dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dan guru untuk mendukung proses belajar mengajar. Mari kita bersama-sama bekerja keras untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Kuningan,” pungkas Bupati Kuningan.


Foto bersama seluruh kepala sekolah penerima DAK pendidikan bersama Bupati Kuningan dan Kepala Dinas Pendidikan


Selesai Acara, Ketua MKKS SMP Kabupaten Kuningan, H. Adang Kusdiana, S.Pd, M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Kuningan, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta pemerintah pusat atas atas perannya dari mulai usulan sampai realisasi anggaran DAK khususnya untuk SMP di kabupaten Kuningan.


"Sudah seharusnya dengan adanya peningkatan sarana prasarana sekolah, menjadi motivasi baik pendidik maupun peserta didik dalam peningkatan mutu pendidikan serta demi terwujudnya Kuningan sebagai kabupaten pendidikan," tutur H. Adang.


Ditambahkannya, realisasi DAK Fisik pendidikan khususnya SMP di kabupaten Kuningan merupakan salah satu yang terbesar di Jawa Barat. Tentunya tahun ini adalah sebuah prestasi bagi kami seiring kepercayaan pemerintah kepada SMP di kabupaten Kuningan.


.(One)