Bawaslu Tegas Dalam Pelaksanaan Masa Tenang, Aturan Dan UU di persiapkan bagi pelanggar Pemilu

Bawaslu Tegas Dalam Pelaksanaan Masa Tenang, Aturan Dan UU di persiapkan bagi pelanggar Pemilu

Sabtu, 10 Februari 2024

 

Apel Siaga Bawaslu Kabupaten Kuningan di lapangan Pandapa Paramarta

Benangmerah, Apel siaga yang digelar Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Sabtu 10 Februari 2024 di Pandapa Paramarta dalam rangka pengawasan masa tenang dan pemungutan serta penghitungan suara pada Pemilu 2024. Ribuan petugas pengawas Pemilu mulai dari tingkatan desa TPS Kecamatan se Kabupaten Kuningan berkumpul mengikuti arahan Pj Bupati serta Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan 


Waktu rawan politik ada di masa tenang, pengawasan mony politik, APK dan lainnya akan di sikat habis oleh Bawaslu. Besok masuk masa tenang kami koordinasi dengan dinas instansi serta lembaga lainnya untuk melakukan pengawasan dan mencopot semua APK yang terpampang di mana mana, Branding mobil juga harus di hapus, kami sudah berkoordinasi dengan pihak Dishub Pol PP dan dengan pihak lainnya, jelas Firman di hadapan unsur Forkopimda lengkap mengikuti apel siaga derik detik masa tenang. 


Apel siaga ini di ikuti 1200 pengawas pemilu dari jumlah total 3500 lebih pengawas yang bertugas di tingkat Desa Kecamatan serta setiap TPS. Yang di tandai dengan pelepasan Balon oleh Forkopimda. 


"Karena Besok (Minggu 11 Februari. Red) masuk masa tenang, maka kami optimalkan diantaranya penertiban APK, mony politik dan kecurangan kecurangan yang berpotensi terjadi di masa teang ini, maka tugas tugas pengawas termasuk di tingkat bawah seperti Panwaslu, PKD, dan PTPS nanti harus berada di lokasi pemungutan," tegas Firman.


Disinggung terkait surat suara yang kelebihan, Firman menyebut Bawaslu tidak bisa apa lantaran itu masih di dalam kotak suara, "Surat sura yang lebih karena itu masih di dalam kotak kami belum bisa berbuat apa apa karena masih di kotak,"


Di tegaskan PJ Bupati R Iip Hidayat Apel siaga ini dilakukan serentak secara nasional setelah sebelumnya apel siaga ini dilakukan di tingkat Provinsi Jawa Barat sekarang di Kuningan. 


"Intinya kesiapan pengawas untuk menghadapi pesta demokrasi, Saya memberi semangat bagaimana menjaga kesehatan, lalu santun dalam menjalankan tugasnya dan ketika ada sesuatu ikuti saja sesuai prosedur ," 


Saat ini cuaca sedang tidak baik, Kata Pj Bupati, makanya seluruh unsur dalam pelaksanaan kepemiluan harus bersiap siap. Disini pentingnya berkoordinasi, kolaborasi dan komunikasi antar pihak guna mensukseskan hajat Pemilu yang dilakukan bersama sama, katanya (Mans Bom)