Desa Cihideung Girang Bangun Irigasi dan Bantuan Domba Dalam Program Ketahanan Pangan dan Hewani

Desa Cihideung Girang Bangun Irigasi dan Bantuan Domba Dalam Program Ketahanan Pangan dan Hewani

Senin, 22 April 2024

 

Perangkat desa Cihideung Girang Kecamatan Cidahu kabupaten Kuningan

Benangmerah, Sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 13 tahun 2023 yang mengatur penggunaan dana desa dalam konteks ketahanan pangan dan hewani di berbagai wilayah di Indonesia, terutama pasal 5, menegaskan bahwa paling rendah 20 % Dana Desa untuk ketahanan pangan dan hewani di masing-masing desa.


Untuk mewujudkan hal tersebut, desa Cihideung Girang kecamatan Cidahu kabupaten Kuningan rencananya dialokasikan untuk kegiatan pembangunan irigasi dan pemberian bantuan domba kepada 4 kelompok ternak yang ada di desa tersebut, masing-masing 10 ekor domba.


Kepala desa Cihideung Girang, Aman, melalui sekretaris desa, Badru Alqubani, S.Sos menjelaskan bahwa untuk pembangunan irigasi sepanjang 800 meter dengan anggaran 163 juta rencananya akan dibangun menunggu musim kemarau, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di desa kami sehingga mendukung penguatan pangan masyarakat. 


"Pembangunan irigasi sepanjang 800 meter belum dilaksanakan, masih menunggu musim kemarau datang. Karena kami menginginkan kualitas yang baik dan juga saat ini kebutuhan air untuk pertanian masih sangat tinggi. Takutnya kalau kita bangun sekarang bisa menghambat kebutuhan air petani saat pembangunan," ungkap Badru saat ditemui awak media ditempat kerjanya, Senin (22/4/2024).


Sementara, lanjut Badru, pembantuan bantuan domba Garut untuk 4 kelompok ternak dengan anggaran 68 juta sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Bahkan bantuan ternak ini sudah berlangsung dari tahun 2021/2022. Menurut data di desa ada sekitar 50 kelompok ternak yang ada di desa kami. Kami dari perangkat desa mengharapkan kelompok ternak bisa memanfaatkan bantuan ini secara berkelanjutan sehingga bisa menopang ekonomi masyarakat desa Cihideung Girang.


.(One)