Penunjukan Plt Kepala SMP Dinilai Tidak 'Efisien'

Penunjukan Plt Kepala SMP Dinilai Tidak 'Efisien'

Rabu, 15 Maret 2023

 

Ilustrasi Jabatan Kepala Sekolah yang kosong

Benangmerah - Beberapa SMP Negeri di kabupaten Kuningan saat ini banyak terdapat kekosongan kepala sekolah. Ada kurang lebih sekitar 10 sekolah yang saat ini kepalanya dijabat oleh Plt. Diantaranya, SMPN 1 Mandirancan, SMPN 2 Pancalang, SMPN 2 Jalaksana, SMPN 2 Kramatmulya, SMPN 1 Cidahu, SMPN 2 Kalimanggis, SMPN satap Cimulya, SMPN 1 Cibeureum, SMPN 1 Selajambe dan SMPN 1 Cigugur.


Namun, kriteria penunjukan Plt kepala sekolalh yang dilakukan oleh dinas Pendidikan melalui Bidang Pembinaan SMP dinilai tidak ada dasar kriteria yang jelas dan terkesan lebih mementingkan 'kedekatan' sehingga dinilai ada beberapa sekolah yang kurang efisien bila dilihat dari segi jarak.


Salah satu contoh, SMPN 2 Kramatmulya yang dijabat kepala SMPN 2 Mandirancan (Sekretaris MKKS), SMPN 1 Cibeureum yang dijabat kepala SMPN 2 Kuningan (Ketua MKKS). Kalau kita lihat jarak tempuh antar sekolah bisa memakan waktu 1 jam bahkan bisa lebih, sehingga dinilali tidak efisien dan diduga berdasar unsur kedekatan MKKS dan dinas Pendidikan. Apakah berkaitan dengan jumlah siswa dan Alokasi Dana BOS?


Ketika salah satu kepala sekolah dimintai keterangan terkait kriteria penunjukkan Plt kepala sekolah, menjawab bahwa hal itu kewenangan mutlak kepala bidang pembinaan SMP dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Kuningan.


"Kalau penunjukkan Plt kewenangannya ada di Kabid Pembinaan SMP bukan MKKS. Kriterianya apa, saya juga tidak paham," kata kepala SMP yang tidak mau dipublikasikan identitasnya.


Sampai berita ini ditayang, baik Kepala Bidang SMP maupun Ketua MKKS yang saat ini menjabat Plt Kepala SMPN 1 Cibeureum sangat sulit dihubungi ataupun ditemui guna dikonfirmasi.


.(Team)