Demi Kelancaran Pendaftaran, SMK Negeri 1 Luragung Adakan Sosialisasi PPDB Online Kepda Guru SMP dan MTs

Demi Kelancaran Pendaftaran, SMK Negeri 1 Luragung Adakan Sosialisasi PPDB Online Kepda Guru SMP dan MTs

Senin, 29 Mei 2023

 

Kegiatan Sosialisasi PPDB online SMKN 1 Luragung di beberapa SMP/MTs wilayah Kuningan timur

Benangmerah - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 tingkatan SMA/SMK saat ini sudah mendekati tahap pendaftaran. Seperti pada tahun sebelumnya pelaksanaan pendaftaran calon siswa baru diwajibkan melalui online sesuai Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 21 Tahun.2022 tentang Perubahan Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 29 Tahun.2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada SMA, SMK dan SLB.


Untuk kelancaran dan menambah pemahaman tentang pendaftaran PPDB, SMK Negeri 1 Luragung mengadakan Sosialisasi PPDB Online Kepada Guru SMP dan MTs se-wilayah Kuningan timur. Pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan dengan cara berkunjung ke sekolah SMP dan MTs di wilayah Kuningan Timur dengan tujuan memberikan sosialisasi mengenai profil SMKN 1 Luragung dan prosedur pendaftaran. 


Peserta yang diundang merupakan guru-guru koordinator pendaftaran dari SMP / MTs dalam rangka mensosialisasikan SOP PPDB Online Jabar 2023. Selain diundang langsung juga menggunakan brosur PPDB dan media sosial lainnya, seperti group WA dan Facebook.


Menurut Kepala SMK Negeri 1 Luragung, Muhsin, M.Kom, Sistem online memiliki keunggulan dibanding tatap muka langsung.


"Ketentuan seleksi akan sesuai dengan sistem yang telah diatur oleh pemerintah, Tidak akan ada Pungli atau suap menyuap dalam proses seleksi PPDB karena semua keputusan seleksi ditentukan oleh sistem, Data yang dihasilkan akan lebih sistematis, Sistem pengumuman yang terbuka dan dapat diketahui oleh siapa pun," ungkapnya saat dihubungi lewat seluler, Senin (29/5).


Untuk pelaksanaan Pendaftaran PPDB sendiri dibagi menjadi 2 tahap :

Tahap 1, dilaksanakan pada tanggal 6 – 10 Juni 2023

Tahap 2, dilaksanakan pada tanggal 26 – 30 Juni 2023.


Informasi lebih lanjut tentang PPDB online bisa diakses disitus diatas


Bagi Calon Siswa Baru Pendaftaran bisa dilaksanakan secara mandiri dengan akun mandiri, dimana saja yang penting terdapat akses internet. Pendaftar juga bisa mendaftar oleh sekolah asal menggunakan akun sekolah serta bisa juga dibantu oleh sekolah tujuan/SMKN 1 Luragung.


Tahapan pelaksanaan pendaftara meliputi, Input data pendaftar oleh pendaftar atau oleh sekolah asal. Setelah itu, memilih jurusan yang diminati oleh pendaftar. 


.(Irwan)