Dukungan Peningkatan Sarana Prasarana Bisa Menjadikan SMPN 1 Maleber Sekolah Adiwiyata

Dukungan Peningkatan Sarana Prasarana Bisa Menjadikan SMPN 1 Maleber Sekolah Adiwiyata

Jumat, 15 September 2023
Pembangunan unit baru dan rehabilitasi SMPN 1 Maleber yang saat ini tengah dilaksanakan 


Benangmerah, Peningkatan sarana prasarana di SMP Negeri 1 Maleber melalui program Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 diharapkan dapat mendukung rencana sekolah menjadi salah satu sekolah Adiwiyata di kabupaten Kuningan. Pekerjaan pembangunan rehabilitasi dan unit baru saat ini tengah dilaksanakan secara swakelola tipe 4 meliputi, 

Rehabilitasi

1. Ruang kelas (17)

2. Ruang kepsek

3. Ruang TU

4. Ruang guru

5. Ruang UKS

6. WC siswa

Pembangunan unit baru

1. Ruang perpustakaan

2. Ruang lab. Komputer


Menurut keterangan Kepala SMPN 1 Maleber H. Sa'roni berdasarkan perhitungan pihak konsultan, progres pekerjaan sudah mencapai 25 persen. 


"Kalau menurut perhitungan konsultan, progres pekerjaan sudah mencapai 25 persen. Pekerjaan terkesan lama karena Memang untuk bagian depan bangunan akan ditingkatkan menjadi dua lantai," terangnya saat ditemui di sekolah, Kamis (14/9).


Kepala SMPN 1 Maleber kabupaten Kuningan, H. Sa'roni


H. Sa'roni pun menambahkan, peningkatan sarana prasarana sekolah rencananya tidak hanya bersumber dari DAK, juga pihak sekolah sudah berupaya untuk rehabilitasi pagar sekolah dari dana pokir DPRD kabupaten Kuningan.


"Rencana tahun ini pagar sekolah juga akan direhabilitasi dari anggaran pokir DPRD kabupaten Kuningan. Hal ini dilakukan agar serasi dengan perubahan bangunan sekolah yang sekarang sedang dikerjakan," ungkap H. Sa'roni.


Seiring dengan peningkatan sarana prasarana sekolah, dirinya berharap akan mendukung banyak perubahan di lingkungan sekolah. Pertama, dengan bangunan sekolah yang representatif, akan menghadirkan kenyamanan yang lebih dari tenaga pendidik sekolah dalam memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik lagi sehingga berujung nilai positip dalam pelaksanaan pendidikan. 


Kedua, berharap menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para calon siswa baru khususnya di wilayah kecamatan Maleber. Dan Ketiga, akan menjadi faktor pendukung upaya sekolah untuk menjadikan SMP Negeri 1 Maleber sebagai Sekolah Adiwiyata di kabupaten Kuningan.


"Kami berharap ketiga harapan tersebut bisa segera terwujud. Untuk menjadi sekolah Adiwiyata atau sekolah berbasis lingkungan, saya pikir sekolah ini mempunyai dasar yang bagus. Kita lihat halaman depan sekolah juga sangat mendukung karena sudah ada tamannya, tinggal ditata lebih baik lagi. Juga untuk pagar sekolah bagian depan rencananya tahun ini akan direhabilitasi dari anggaran pokir DPRD kabupaten Kuningan melalui salah satu Partai Politik," sambungnya.


H. Sa'roni berharap semua program sekolah ke depan bisa lancar tanpa ekses, untuk itu sekolah pun membutuhkan dukungan dari semuanya, termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DPRD kabupaten Kuningan serta sekolah dan lingkungan keluarga besar SMPN 1 Maleber.


.(One)