Ratusan Personil Diturunkan Guna Menangani Kebakaran Hutan

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Ratusan Personil Diturunkan Guna Menangani Kebakaran Hutan

Kamis, 20 September 2018
Kuningan - Ratusan personil gabungan dari berbagai unsur diterjunkan alam upaya penanganan kebakaran hutan di sekitar wilayah Gunung Ciremai. Beberapa unsur yang terlibat dalam upaya penanganan tersebut diantaranya berasal dari BPBD, BPBD Provinsi, TNGC,TNI, POLRI, LSM AKAR, Sapujagat, Seda, MPA, Ranger Linggarjati dan Palutungan, Relawan Pecinta Alam Kuningan, Cirebon dan Indramayu.
Dari sekitar 121 orang personil yang diterjunkan, sebanyak 48 orang menempati Posko Lambosir, Jalur Pendakian Linggarjati Blok Bapa Tere 19 orang dan Jalur Blok Pamuludan dan Nini Nala sebanyak 59 orang, serta jalur Ciwaruling sebanyak 11 orang.
“Kami melakukan upaya penyisiran dan pemadaman titik kepulan asap dari  tiga arah yaitu arah utara melalui Blok Nini Nala, arah timur melalui Blok Ciwaruling serta arah selatan melalui jalur pendakian Linggarjati Blok Bapa Tere,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Rabu (19/9/2018).
Ia menerangkan, sore tadi sekira pukul 17.00 WIB api dan kepulan asap di lokasi kebaran hutan lereng Gunung Ciremai sudah padam, sehingga seluruh personil di lapangan sudah kembali ke Posko Lambosir.
“Semua personil sudah turun kembali ke Posko Lambosir, rencana besok Kamis (20/9/2018) akan melakukan pemantauan dan patrol oleh TNGC dan MIPA,” paparnya. 
Di beberapa lokasi sekitar lereng Gunung Ciremai, kebakaran terjadi pada Selasa (18/9/2018) sekira pukul 12.30 WIB. Dari pantauan di lapangan, beberapa lokasi tersebut meliputi Leuweung Kiara, Cula, Lemah Neundeut kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Sementara itu, berdasarkan data pihak BPBD, kurang lebih 94,2 hektar hutan di kawasan TNGC lereng Gunung Ciremai terbakar. 
.roy