Bidang SDA Realisasikan DAK 2021 di 8 D.I.

Bidang SDA Realisasikan DAK 2021 di 8 D.I.

Jumat, 04 Februari 2022
Kepala Bidang SDA Dinas PUTR Kabupaten Kuningan


Kuningan, (BM) - Pemerintah kabupaten Kuningan melalui bidang Sumber Daya Air Dinas PUTR terus melakukan pembangunan dan rehabilitasi dibidang pengairan guna memenuhi kebutuhan masyarakat petani.


Air merupakan kebutuhan utama dalam dunia pertanian yang dapat menunjang produktivitas hasil panen. Oleh karena itu, berbagai program pemerintah hendaknya bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran.


Di tahun 2021 Bidang SDA Dinas PUTR kabupaten Kuningan telah merealisasikan Alokasi Dana Khusus (DAK) di 8 Daerah Irigasi (D.I). diantaranya;

1. Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Ciawi II kecamatan Ciniru
2. Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Ciberes kecamatan Ciawigebang
3. Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Cihambar kecamatan Cilimus
4. Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Cijolang kecamatan Selajambe
5. Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Cisande hilir kecamatan Ciawigebang
6. Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Ciporang kecamatan Ciawigebang
7. Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Citamba kecamatan Kuningan
8. Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Susukan kecamatan Cipicung


Kedelapan kegiatan tersebut saat ini masuk dalam masa pemeliharaan oleh pihak ketiga. Berdasarkan berita acara serah terima (BAST) pekerjaan semunya sudah memenuhi volume pekerjaan 100 persen.


"semua pekerjaan telah dilaksanankan dan sudah mencapai progres 100 persen sebelum akhir tahun. Saat ini tinggal menunggu BAST 2 masa pemeliharaan selama 6 bulan," jelas Kepala Bidang SDA Dinas PUTR kabupaten Kuningan, Andi, SE, MM saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/2).


"Diharapkan dengan terehabilitasinya di 8 Daerah Irigasi tersebut bisa memperlancar persediaan air bagi petani di daerah sekitarnya, sehingga bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian serta taraf ekonomi masyarakat petani," sambungnya.


Menurut Andi, masih banyak Daerah Irigasi yang belum bisa direhabilitasi dengan tingkat kerusakan yang cukup parah karena pembangunannya sudah melebihi 5 tahun seperti Citanggulun, Bratakasian dan yang lainnya. Awalnya daerah irigasi tersebut akan di perbaiki melalui progran IPDMIP, namun karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah kabupaten kuningan sehingga tidak bisa terlaksana. Direncanakan akan diusulkan untuk direhabilitasi melalui DAK tahun berikutnya.


Selain DAK, Bidang SDA PUTR juga telah melaksanakan kegiatan melalui pembiayaan APBD kabupaten Kuningan tahun 2021 diantaranya, Rehabilitasi embung Windujanten, embung Cibuntu, embung Cikalapa dan embung Cijoho serta beberapa pekerjaan tebing penahan sungai di beberapa lokasi.


.(Irwan)