Cipasung Menuju Desa Wisata

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Cipasung Menuju Desa Wisata

Sabtu, 21 September 2019
Penilaian Rintisan Desa Wisata di Desa Cipasung, Kamis (19/9)

KUNINGAN (BM) - Potensi keindahan alam dan kearifan masyarakat desa Cipasung kecamatan Darma kabupaten Kuningan rupanya mampu dimanfaatkan dengan baik oleh pemdes setempat dengan menjadikan Cipasung sebagai desa wisata 

Bahkan dalam rangka mendukung sektor pariwisata Pemerintah Desa Cipasung telah menyiapkan lahan seluas 6 Ha untuk dijadikan objek wisata penyangga dari pembangunan kembali waduk darma sesuai master plan desain rancang bangun pariwisata desa Cipasung

Menurut Kepala Desa Cipasung, Nanang Nuryadi, pihaknya senantiasa memiliki komitmen untuk memanfatkan potensi yang ada dan memberdayakan masyarkatnya. Sehingga menjadi kearifan lokal yang menjadi daya tarik dengan ke khasan sendiri.

Disebutkannya saat ini yang telah dibangun diantaranya rest area, gedung serbaguna, dan gerai BUMDes tempat pemasaran aneka kerajinan bambu khas Cipasung, makanan khas desa, dan sebagainya. Potensi lain di desa ini juga terdapat situs leluhur Kramat dan Hutan Bambu.

"Yang sudah berjalan sekarang ada tempat pemancingan ikan, dan menara bambu dengan view pemandangan waduk darma juga Gunung Ciremai. Pemdes dan masyarakat telah sepakat ingin membangun Desa Wisata agar lebih hidup lagi dengan melakukan pengembangan rest area menjadi lebih baik lagi, membangun gedung kesenian , cottage, resto terapung dan semua yang telah tergambarkan dalam master plan pembangunannya. Untuk mewujudkannya kami membuka pintu bagi  investor yang siap menanamkan modalnya dalam pengembangan Cipasung menjadi desa wisata," ungkap Kepala Desa Cipasung , dikutip dari laman resmi humaskuningan.com, Sabtu (21/9).

Berkat keberhasilannya, desa Cipasung saat ini masuk dalam nominasi sepuluh besar desa rintisan wisata tingkat nasional dengan bimbingan  Trisakti.

. (One)