Wabup Tinjau Lokasi Musibah Banjir

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Wabup Tinjau Lokasi Musibah Banjir

Senin, 17 Februari 2020
Wabup Kuningan H. M Ridho Suganda Meninjau Lokasi Terjadinya Banjir

KUNINGAN,(BM) - Akibat tingginya intensitas hujan pada Hari Minggu sore (16/02/2020 ), beberapa sungai di wilayah Kecamatan Cibingbin meluap dan mengakibatkan dua desa yakni Desa Dukuhbadag dan Desa Cibingbin Kecamatan Cibingbin terendam banjir. Terjadinya musibah banjir di wilayah Kecamatan Cibingbin, direspon cepat oleh Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH. M. Si dengan mengunjungi salah satu lokasi terjadinya musibah banjir di Desa Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin, Senin(17/02/2020).

Sesuai data yang dirilis BPBD Kuningan, banjir yang terjadi di Desa Dukuhbadag mengakibatkan terendamnya 3 unit rumah milik warga. Beberapa upaya penanganan sudah dilakukan oleh pihak BPBD Kuningan, diantaranya dengan menurunkan Tim Asessment Ke Desa Cibingbin dan Desa Dukuhbadag dan bersama masyarakat dan aparat lainnya melakukan pembersihan lingkungan sisa banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin saat menemani Wakil Bupati Kuningan menjelaskan terjadinya banjir disebabkan adanya pertemuan Sungai Cijangkelok dan Cikaro yang meluap ke rumah-rumah warga.
"Banjir pas disitu (sambil menunjuk lokasi), adanya pertemuan aliran Sungai Cijangkelok dan Sungai Cikaro yang meluap menyebabkan banjir, karena jalurnya berbelok, harusnya diluruskan tapi itu kewenangan ada di BBWS" Jelas Agus.

Usai mengunjungi salah satu lokasi banjir di Desa Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin, Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda menyatakan akan mendorong pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk segera melakukan revitalisasi sungai-sungai yang ada. Wabup menilai adanya titik petemuan aliran sungai Sungai Cijangkelok dan Cikaro disana yang berbelok membuat aliran air tidak lancar, sehingga diperlukan sodetan sungai agar jalurnya menjadi lurus .

"Langkahnya menunggu jawaban dari BBWS, mereka yang punya kewewenangan tentang sungai, kita sudah beberapa kali minta ke mereka untuk segera direvitasliasai tapi belum ada jawaban pasti, setiap tahun akan ada kejadian yang sama di wilayah Cibingbin, seharusnya ini menjadi perhatian serius pihak BBWS" Tegas Wabup

Saat bertemu dengan beberapa warga, Wabup menghimbau warga agar lebih waspada saat terjadi intensitas hujan tinggi dan berharap tidak terjadi lagi musibah banjir yang pastinya sangat merugikan masyarakat baik moril maupun materil.
.(Irwan/inkom)