Peringatan Hari Lahir Pancasila Ditengah Pandemi Covid-19

Peringatan Hari Lahir Pancasila Ditengah Pandemi Covid-19

Senin, 01 Juni 2020
Pemkab Kuningan Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual di Ruang Crisis Center

KUNINGAN, (BM) - Meski ditengah suasana Pandemi Covid-19, hari ini 1 Juni 2020, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Indonesia tetap bisa melangsungkan peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual.

Berdasarkan surat edaran dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, peringatan Hari Lahir Pancasila 2020 yang bertema "Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju" dilaksanakan melalui media elektronik, video conference atau dalam jaringan (online).

Semua pejabat dan pegawai dari Kementerian/Lembaga, instansi pemerintah pusat maupun daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, baik dari kantor, ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing - wajib mengikuti jalannya Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Pidato ini disiarkan langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TVRI.

Begitu pun dengan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuningan.  Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. , Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda, SH., M.Si. , Sekda Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. dan Para Pejabat Lainnya mengikuti dan menyimak acara Hari Lahir Pancasila secara Virtual di Ruang Crisis Center Setda Kuningan.

Namun, meski lewat video conference, inti peringatan upacara Hari Lahir Pancasila tetap dilaksanakan, di antaranya Pidato Presiden, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendi. Kemudian, sesuai aturan protokol upacara, selesai upacara Presiden Jokowi meninggalkan tempat upacara terlebih dahulu, kemudian diikuti peserta yang lain dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan. (Irwan)