Kerjasama Dengan Ponpes, SMPN 1 Sindangagung Juara Pentas PAI

Kerjasama Dengan Ponpes, SMPN 1 Sindangagung Juara Pentas PAI

Kamis, 17 Maret 2022
Kepala SMPN 1 Sindangagung Kab. Kuningan, Nana Rukmana, S.Pd

Kuningan, (BM) - Persaingan di bidang pendidikan teutama tingkatan SMP ternyata berdampak positip pada perkembangan sekolah. Munculnya sekolah Islam Terpadu, meningkatnya animo masyarakat terhadap madrasah, memuculkan berbagai ide dan gagasan bagi SMP Negeri 1 Sindangagung.

Salah satunya, saat ini SMPN 1 Sindangagung telah membuka diri kerjasama dengan 2 pesantren yang ada di kabupaten Kuningan, yaitu ponpes Nurul Huda di kelurahan windusengkahan dan Mursidul Falah Kelurahan Purwawinagun.

Kepala SMPN 1 Sindangagung, Nana Rukmana, S.Pd mengatakan sekolah terbuka sudah berlangsung dua tahun.

"Adanya kerjasama dengan pesantren ternyata membawa dampak positip terhadap prestasi sekolah terutama di bidang Pendidikan Agama Islam. Terbaru kita juara pentas PAI tingkat gugus dan berhak mengikuti lomba PAI tingkat kabupaten," kata Nana saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (17/3).

Prestasi yang diraih siswa SMPN 1 Sindangagung dalam pentas PAI


Prestasi yang diraih dafi pentas PAI tingkat gugus antara lain, juara 1 MTQ putra, juara 1 Kaligrafi, juara 2 MTQ putri, juara 2 LCC, juara 3 MHQ putri dan juara 3 pidato putra.

Menurutnya, saat ini siswa SMP terbuka sudah mencapai 80 orang. Mereka tetap tinggal di pondok. Pendidikan formal dilakukan melalui guru pamong dan guru bina. Guru pamong adalah guru dari ponpes yang menerima tugas pembelajaran dari guru bina (guru sekolah) untuk disampaikan ke siswa di ponpes.

.(Irwan)