Polda Jabar Nilai Lembur Tangguh, Di Kuningan Wadir Binmas Berkeliling Desa Cikaso

Polda Jabar Nilai Lembur Tangguh, Di Kuningan Wadir Binmas Berkeliling Desa Cikaso

Jumat, 26 Agustus 2022
Wadir Binmas meninjau produk Magot dan pilah olahan sampah


Kuningan, (BM) - "Luar biasa Desa Cikaso kekompakkannya ya di sinilah welcome nya dari semua unsur forkopimcam kompak, karena belum tentu semua bisa mengambil kebijakan seperti ini, unsur Babinkamtibmas, Babinsa, unsur kecamatan, unsur Kesehatannya dari Puskesmas kalau orang berpikir seperti ini semua luar biasa, hasilnyapun luar biasa, Cikaso ini memang luar biasa sementara saya melakukan kunjungan ketempat lain tidak seperti ini" tutur Wadir Binmas Polda Jabar AKBP Muhamad Rois SH,.MH ktika melakukan kunjungan ke Kabupaten kuningan.


Kunjungan Wadir Binmas ke Kuningan bukan tidak berarti melainkan membawa misi dari program Polda Jabar terkait penilaian Lembur Tohaga, yang lebih di kenal dengan sebutan Kampung Tangguh Lodaya.


Pelaksanakan penilaian lembur tohaga atau desa tangguh nusantara di Kabupaten Kuningan atau tepatnya di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya. Dilakukan serentak se Jawa barat. Wadir Binmas Polda Jabar AKBP Muhamad Rois SH,. MH mengatakan sudah dua hari ini keliling. Mulai dari Purwakarta, Karawang, Indramayu, Subang, Polresta Cirebon kemudian Kabupaten Cirebon, sekarang di Kabupaten Kuningan. Setelah ini ke Majalengka dan Sumedang.


Penilaian lembur tohaga ini, kata Wadir Binmas AKBP M Rois, ini program Pak Kapolda Jabar, untuk penentu dari penilaian juara itu di Polda. "Dari lima kreteria yang di nilai adalah sesuai dengan pembentukan lembur tohaga antara lain. Tohaga Kesehatan Tohaga Keamanan, Tohaga Ketahanan Pangan Tohaga Pariwisata, Tohaga Informasi dan Teknologi. Harapan lembur tohaga kita ini, kalau memiliki lima kriteria, betul betul desa tohaga, betul betul desa tangguh, betul betul mamampu memberikan kebutuhan-kebutuhan dan layanan masyarakat, itu yang akan dinilai


Harapannya kalau desa itu tangguh, desa itu mandiri desa itu kuat akan memberikan dampak positif terhadap kecamatan, Desa Cikaso kuat kecamatan kuat. Kecamatan Kramatmulya kuat tentu Kabupaten Kuningan kuat, Jawa Baratpun kuat. Pungkas AKBP.


Acara yang di ikuti unsur Forkopimcam Kecamatan Kramatmulya, Kepala Dinas DPMD Dudi Fahrudin serta Kalak BPBD Indra Bayu, juga Kapuskesmas Kramatmulua turut bersama Wadir Binmas Jabar AKBP Muhamad Rois melakukan peninjauan lokasi berbagai ornamen desa tangguh, home industri, tanaman pekarangan, beragam tanaman pertanian serta masuk lokasi wisata Sawah lope yang di pandu ketua kampung tangguh Sobarudin serta Kades Cikaso Hidayat Nur. (Mans Bom)