Akhir Tahun 2022 SMPN 2 Pasawahan Ditutup Dengan Kegiatan PORAK dan Pemilihan Ketua OSIS

Akhir Tahun 2022 SMPN 2 Pasawahan Ditutup Dengan Kegiatan PORAK dan Pemilihan Ketua OSIS

Selasa, 20 Desember 2022
Kepala SMPN 2 Pasawahan, Dede Dudi Sudiana


Benangmerah - Dua kegiatan siswa di SMP Negeri 2 Pasawahan mengakhiri seluruh kegiatan di tahun 2022. Kegiatan tersebut adalah Pekan Olahraga Antar Kelas dan Pemilihan ketua OSIS yang diikuti seluruh siswa siswi di sekolah.


PORAK merupakan kegiatan rutin sekolah yang diadakan setelah siswa mengikuti Penilaian Akhir Semester. Selain memotivasi anak dalam bidang olahraga, kegiatan ini menjadi ajang sekolah dalam memantau perkembangan potensi anak dibidang olahraga baik futsal, basket dan jenis olahraga lainnya.


Sementara pemilihan ketua OSIS dilaksanakan setiap satu tahun sekali sebagai bentuk pembelajaran dalam kebebasan demokrasi. Dimana seluruh siswa terlibat langsung dalam pemilihan suara layaknya pesta demokrasi pemilihan presiden maupun pilkada.


Pelaksanaan PORAK dan Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 2 Pasawahan


Kepala SMPN 2 Pasawahan, Dede Dudi Sudiana dalam hal ini mengatakan, dua kegiatan tersebut merupakan bagian Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka di sekolah. Ini merupakan kegiatan extrakurikuler dan terpisah dengan intrakurikuler.


"Secara umum, P5 dalam Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di setiap jenjang pendidikan. Namun, secara praktis, P5 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan dari lingkungan sekitar peserta didik," jelasnya, saat ditemui, Selasa (20/12/2022).


Dirinya berharap,, mudah-mmudahan tujuan kurikulum merdeka bisa tercapai di SMPN 2 Pasawahan.


.(Irwan/Yesi)