Tenaga Pendidik SMKN 2 Kuningan Kembali Ditempa Workshop Reskilling dan Upskilling

Tenaga Pendidik SMKN 2 Kuningan Kembali Ditempa Workshop Reskilling dan Upskilling

Jumat, 21 Juli 2023
Pelaksanaan Workshop Rencana Tindak Lanjut Reskilling Upskilling
SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler Lanjutan 2023. SMK Negeri 2 Kuningan


Benangmerah, Seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat, 45 tenaga pendidik SMK Negeri 2 Kuningan kembali ditempa Workshop Rencana Tindak Lanjut Reskilling Upskilling yang dilaksanakan selama 2 hari (21-22 Juli) di Aula sekolah. Sebagai nara sumber, Ibu Verda Vardianti dari BPMPV bidang teknik Bandung.


Workshop ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan program SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler Lanjutan yang diluluncurkan Kemendikbudristek bagi SMK PK. Dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para pendidik.


Kepala SMKN 2 Kuningan, Ibnu Udy Prasetyo, M.Eg melalui Kasi Kurikulum Andrianto, M.Pd menjelaskan bahwa tujuan workshop rencana tindak lanjut reskilling upskilling ini untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Sehingga terdapat perbedaan cara mengajar antara SMK PK dengan SMK bukan PK. 


"Istilah Reskilling Upskilling yang dimaksud adalah mengupgrade kemampuan tenaga pendidik agar dari sisi kemampuan kompetensi terus meningkat dan tidak ketinggalan jaman seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat. Ibaratnya kalau komputer diupgrade dari pentium 1 menjadi pentium 3. Barangkali seperti itu," jelas Andrianto disela-sela kegiatan, Jumat (21/7).


Sementara, dikatakan Andrianto, peserta workshop merupakan para guru kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ditambah ketua dari berbagai program studi. Hal ini berkaitan dengan bantuan SMK PK terdahulu yang merupakan bantuan perangkat teknologi. Sehingga untuk bantuan SMK PK Lanjutan yang sekarang merupakan pengembangan (lanjutan) dari SMK PK.


Dalam bantuan SMK PK Lanjutan ini ada sekitar 11 rangkaian kegiatan yang akan diikuti para tenaga pendidik. Workshop Workshop Rencana Tindak Lanjut Reskilling Upskilling ini merupakan kegiatan kedua setelah sebelumnya diadakan juga Sinkronisasi kurikulum perusahaan dengan kurikulum merdeka. 


Kasi Kurikulum SMKN 2 Kuningan, Andrianto, S.Pd M.Pd.


"Untuk workshop ini akan dilaksanakan selama 2 hari. Satu sesion berjalan selama 8 jam. Selain mengikuti workshop para peserta juga nanti akan mengikuti magang dibeberapa perusahaan sebagi bentuk praktek dari workshop ini. Setelah magang, diharapkan para tenaga pendidik SMKN 2 Kuningan bisa mengaplikasikan di kelas kepada peserta didik," terangnya.


Dengan seperti ini diharapkan terjadi peningkatan kompetensi/kapabilitas dari guru di SMKN 2 Kuningan sehingga bisa menghasilkan output berupa siswa yang kompeten di dunia kerja.


.(Irwan)