Kepsek SMPN 1 Garawangi Usung Visi Sekolah Unggul dalam Prestasi dan Berkarakter

Kepsek SMPN 1 Garawangi Usung Visi Sekolah Unggul dalam Prestasi dan Berkarakter

Sabtu, 20 Januari 2024

 

SMP Negeri 1 Garawangi Kecamatan Garawangi kabupaten Kuningan

Benangmerah, Sebagai salah satu sekolah favorit di wilayah kecamatan Garawangi kabupaten Kuningan, SMPN 1 Garawangi memiliki visi yang luar biasa, yakni menjadikan sekolah unggul dalam prestasi dan mencetak siswa berkarakter yang baik sesuai Profile Pelajar Pancasila. 


1. Beriman bertaqwa dan berakhlak mulia.

2. Ber Kebhinekaan global

3. Bergotong royong

4. Kreatif

5. Mandiri

6. Berpikir kritis.


Hal tersebut diungkapkan kepala SMP Negeri 1 Garawangi, Hj. Engkom Komara, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (20/1/2024). 


Dijelaskannya, P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu program dari Kurikulum Merdeka. P5 memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk "mengalami pengetahuan" sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.


"Dalam kegiatan ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya," jelas Hj Engkom kepada Benangmerah.co.id.


Untuk mewujudkan visi tersebut, lanjut Hj Engkom, kami pihak sekolah mempunyai beberapa program.


1. Menciptakan suasana belajar ysng aktif, kreatif dan menyenangkan.

2. Membiasakan 6 S (senyum salam sapa sopan santun dan saling mendoakan).

3. Meningkatkan kemampuan IT bagi seluruh warga sekolah.

4. Meningkatkan ekinerja seluruh warga sekolah melalui Platform Merdeka Mengajar. 

5. Memberikan dukungan kepada semua siswa, untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya.


Dalam menjalankan proses pendidikan disekolah tentunya tidak lepas dari biaya. Disinilah peran Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang disalurkan dari pemerintah ke sekolah.


"Memimpin sekolah dengan jumlah siswa yang lebih banyak tentunya merupakan tantangan karena penanganan siswa pun lebih ribet, membutuhkan ketegasan, ketelatenan, keteladan yang luar biasa. Volume kegiatan pun lebih besar seiring jumlah siswa yang lebih banyak," pungkasnya.


.(One)