Kadisdikbud Kuningan Lepas Ratusan Mahasiswa Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024

Kadisdikbud Kuningan Lepas Ratusan Mahasiswa Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024

Selasa, 20 Februari 2024

 

Ratusan mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari 7 kampus dilepas secara resmi Kadisdikbud Kuningan


Benangmerah, Ratusan mahasiswa berkumpul tadi pagi di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Kuningan untuk mengikuti upacara Pelepasan Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024. Mereka terdiri dari 24 Dosen Pembimbing Lapangan, 197 mahasiswa dari 7 kampus Yanga ada di kabupaten Kuningan. 


Acara pelepasan dihadiri Kepala Kadisdikbud kabupaten Kuningan Uu Kusmana, S.Sos, M.Si, Kabid GTK, Pipin Aripin Mansur, S.Pd, M.Pd, Kabid Pembinaan SMP, Abidin, S.Pd, M.Si Kabid Pembinaan SD, Rizal Arif Gunawan, SE, M.Si Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas, Deden Rendra Nurrohim Rukmana, SE., M.Si, Kabid Kebudayaan serta seluruh jajaran Disdikbud.


Program kampus mengajar merupakan salah satu program flagship dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program Kampus Mengajar adalah program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar diluar kelas dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran ditingkat pendidikan dasar. Program Kampus Mengajar merupakan kolaborasi yang penerima manfaatnya adalah mahasiswa dan siswa dijenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).


Dalam sambutannya, Kepala Kadisdikbud Kuningan, U. Kusmana berharap mahasiswa dapat memberikan sumbangsih terbaik. Sebab, para pesertanya adalah mahasiswa terpilih yang berhasil melewati serangkaian proses seleksi ketat, serta dinilai memiliki potensi untuk menjadi penggerak dan mampu menghadapi situasi-situasi sulit yang terjadi dilapangan nanti.


"Tujuan kampus mengajar yaitu menghadirkan mahasiswa untuk membantu pengembangan pembelajaran terutama untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi, melakukan adaptasi teknologi, aktualisasi minat dan potensi mahasiswa sesuai bidang studi masing-masing," ungkapnya.


Tentunya dalam pengamalan ini lanjut, U. Kusmana, mahasiswa akan mendapatkan tambahan ilmu wawasan pengetahuan yang akan menjadikan sebuah dasar setelah lulus dari kampus. 

Komunikatif dan kooperatif yang dibutuhkan oleh Mahasiswa dengan dosen pembimbing lapangan karena hal ini adalah suatu keharusan.


"Dengan ucapan Bismillahirrohmanirrohim Saya melepas Mahasiswa Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 tahun 2024. Semoga Allah Meridhoi dan memberikan kelancaran serta kesuksesan. Aamiin Ya Robal’alamin," pungkas Kadisdikbud Kuningan.


(One)