Kegiatan Pelatihan Naker Bermateri Wawasan Kebangsaan Bela Negara, Agar Punya Strugle Of Live

Kegiatan Pelatihan Naker Bermateri Wawasan Kebangsaan Bela Negara, Agar Punya Strugle Of Live

Selasa, 20 Februari 2024
Memberi semangat PJ Bupati R Iip Hidajat, usai memberi pengarahan pelatihan Naker, fose bersama Kadisnakertrans Dudi Pahrudin



Benangmerah, Kuningan punya komitmen bagaimana mengangkat harkat martabat masyarakat Kuningan terutama dalam dunia kerja. Disnakertran Melakukan kegiatan pelatihan tenaga kerja siap pakai karena di lengkapi dengan materi militansi wawasan kebangsaan bela negara yang di buka oleh Pj Bupati Kuningan R Iip Hidajat.


Selasa kemarin (19/2/2024), Pj Bupati usai melaksanakan pembukaan serta memberi pembekalan menyebutkan, kita faham bahwa di Kuningan juga tingkat pengangguran masih cukup banyak. Salah satu upaya pemda bagaimana mereka di didik dibina untuk memiliki skill hinga bersertifikasi. Maka mereka siap untuk bekerja di lapangan di mana pun. "Poinnya mengurangi angka pengangguran, dan upaya pak Kadisnaker ini luar biasa bagus dengan anggaran pusat terbatas tapi masyarakat Kuningan menikmati pendidikan pelatihan ini," kata Pj Bupati R Iip Hidajat.


Pj Bupati juga menyebut bagus ada materi pembekalan wawasan kebangsaan bela negara dari Kodim, "itu artinya memberikan jiwa militansi tentang kedisiplinan bekerja, nanti kalau mereka bekerja di tempat jauh belum siap balik lagi, mungkin dengan materi ini mereka punya struggle of life perjuangan hidup, jadi ada upaya untuk berjuang secara teguh," sebut Pj Bupati R Iip.


Kadisnakertrans Kuningan Dudi Fachrudin pun menyebutkan, untuk angka pengangguran terbuka di tahun 2023 Alhamdulillah ada penurunan, ketika tahun 2022 itu tercatat 9,81 persen, tahun 2023 turun menjadi 9,49 persen. "Mereka para pencaker telah terserap di berbagai perusahaan dalam dan luar Kuningan, selain itu juga tidak sedikit yang bekerja berusaha mandiri. Dengan berdirinya perusahaan perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan di Kuningan, itu sebuah investasi bagi penyerapan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan angka urban ke kota seperti di PT Asaba, PT Joshua yang mampu menyediakan pekerjaan dan yang sudah terserap antara 70-80 persen warga Kuningan, sebut Dudi.


Di harap bisa beradaptasi dengan lingkungan, di mana mereka bekerja, lanjut Dudi. kemudian seperti yang di sampaikan pak Pj bupati juga, punya jiwa militansi, disiplin dalam etos kerja, makanya saya dalam melaksanakan kegiatan pelatihan ini materi wawasan kebangsaan dan bela negara itu membangun mentalnya supaya kokoh itikadnya, sementara peluang kerja di Kuningan masih banyak karena perusahan perusahaan itu belum sepenuhnya terisi maka tenaga kerja siap pakai itu akan terserap, pungkasnya. (Mans Bom)