Panen Karya Spentika Hadirkan Produk Kewirausahaan Siswa

Panen Karya Spentika Hadirkan Produk Kewirausahaan Siswa

Sabtu, 03 Februari 2024

 

Beberapa jajaran Disdikbud Kuningan Hadir dalam acara SPENTIKA Festival Day

Benangmerah, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kuningan menggelar kegiatan Panen Karya P5 yang mengambil tema “Kewirausahaan Milenial Berbasis Kearifan Lokal” untuk menumbuhkan kreativitas para siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Panen Karya P5 itu menampilkan hasil karya dari para siswa yang dikemas dalam sebuah pameran di halaman SMP Negeri 3 Kuningan, Senin (29/1/2024).


Hadir dalam acara tersebut beberapa tamu undangan, diantaranya, jajaran pejabat dinas pendidikan dan kebudayaan dari mulai sekretaris dinas, Kabid Pembinaan SMP, Kabid Pembinaan SD dan beberapa kepala sekolah SMP serta SD.


Kepala Sekolah SMPN 3 Kuningan, H. Suhara, S.Pd mengatakan, kegiatan ini dalam menampilkan karya dari para siswa yang yang menggambarkan jiwa kewirausahaan siswa melalui produksi makanan yang menjadi favorit para kaum Milenial. Diungkapkannya, melalui kegiatan ini untuk merangsang kreatifitas siswa dalam membuat suatu karya yang dapat memiliki nilai jual.


“Kegiatan hari ini dalam rangka panen karya dengan tema Kewirausahaan Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Ini merupakan produk dari P5 yang dibuat sesuai dengan kreatifitas dari siswa dalam upaya sekolah menumbuhkan jiwa kewirausahaan para siswa ,” terangnya kepada Benangmerah.co.id


Beberapa jenis makanan yang menjadi favorit kaum Milenial tampil dalam kegiatan SPENTIKA PESTIVAL DAY seperti, Mochi Sweet, Sotang Octopus, Cheese Cake, Crispy Ball, Cassava Crispy Stick, Banana Crunch, Soya GE Jelly Drink, Choco Ball, Fresh Milk, Mojito Lime Drink.


Salah satu produk panen karya Spentika Festival Day


Menurutnya tema P5 saat ini sesuai dengan kondisi dan keadaan di daerah. Kebetulan Kuningan merupakan salah satu kota kuliner jajanan. Saya sebagai kepala sekolah merasa bangga terhadap karya kewirausahaan siswa yang terlihat di kegiatan panen karya P5 ini.


Kegiatan Panen karya P5 ini, lanjut Suhara, untuk menumbuhkan kemandirian siswa dalam berkarya dan seuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini juga sebagai implementasi dari program kurikulum merdeka belajar.


“Kegiatan panen karya P5 ini juga ditujukan sebagai media dalam memperkuat karakter siswa untuk membantu mewujudkan profil pelajar pancasila,” katanya.


Suhara, menuturkan, dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar ini, SMP Negeri 3 telah memiliki Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai pedoman para guru dalam melakukan pembelajaran. 


Dirinya berharap, Semoga kurikulum merdeka dapat diimplementasikan dengan baik di SMPN 3 kuningan agar terbentuk lulusan yang cerdas, inovatif,   berakhlaq mulia dan cinta lingkungan


(One)